Kronologi Awal Kebakaran Gedung Kebudayaan Warisan Dunia di Sawahlunto Sumatera Barat

- 4 November 2022, 11:04 WIB
ilustrasi kebakaran hutan dan lahan
ilustrasi kebakaran hutan dan lahan /PIXABAY/Seaq68/

EDITORNEWS.ID – Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto Sumatra Barat dilaporkan terbakar, Kamis (3/11). Belum diketahui penyebab pasti munculnya sumber api yang membakar hangus gedung peninggalan peninggalan Kolonial Belanda tersebut.

Kini gedung yang masuk dalam bagian Situs Warisan Dunia UNESCO itu hanya menyisakan dinding-dinding. Pasalnya bagian atap gedung tersebut habis dilalap si jago merah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik api terpantau muncul dari bagian tengah ruangan. Halite disampaikan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Sawahlunto, Kelly.

”Kejadiannya sekitar pukul 10.15 WIB. Sumber api dari atap bagian tengah gedung. Seluruh armada kita kerahkan tadi. Dibantu juga armada dari Kabupaten Sijunjung,” katanya, Kamis (3/11).

Baca Juga: Polisi Grebek Kampung Narkoba di Jalan Jermal 15, 4 Pria dan Sejumlah Barang Bukti Diamankan!

Kelly menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Proses pemadaman api diperkirakan selama dua jam.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti menyampaikan pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari kebakaran tersebut. Namun dari informasi awal, api sudah terlihat sejak pukul 09.30 WIB.

"Untuk sementara dari keterangan saksi dan warga di sekitar lokasi, mereka menyebut api mulai terlihat sekitar pukul 09.30 WIB. Api itu muncul dari bagian atas yaitu dari atap bangunan, warga menduga ada permasalahan jaringan listrik di bagian atap tersebut," ujar Purwanto.

Saat ini tim Polres Sawahlunto masih melaksanakan pemeriksaan dan penyelidikan lokasi. Garis polisi pun masih terpasang di lokasi kebakaran.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x