Pantai Balongan Tercemar, Pertamina Siap Ganti Rugi

- 19 Maret 2022, 19:44 WIB
Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah /

EDITORNEWS.ID - Kebocoran pipa solar minyak Pertamina yang mengakibatkan tercemar nya air laut di Pantai Balongan Indah 2 atau Pantai Bali 2 juga berdampak bagi masyarakat di sekitar nya.

Pencemaran laut tersebut membuat aktivitas masyarakat cukup terganggu khususnya bagi nelayan yang sehari - hari nya wajib mengumpulkan ikan untuk di jual.
 
Selain itu, dampak dari pencemaran laut tersebut juga cukup terasa bagi sektor pariwisata, karena akan menurunkan jumlah pengunjung yang ingin berwisata ke Pantai Balongan.
 
Namun menurut beberapa sumber, pihak Pertamina dan perwakilan warga yang terkena dampak telah mengadakan pertemuan di Balai Desa Balongan untuk membicarakan solusi mengenai akibat yang ditimbulkan oleh limbah solar pada Pantai Bali 2 atau Pantai Balongan.
 
 
Dalam pertemuan tersebut dikabarkan bahwa Section Head Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Fahrougi Andriani Sumampaw, membenarkan telah terjadi nya rembesan dari Pipa Sub Marine Pipe Line atau SPL di Perairan Jetty Cargo Integrated Terminal Balongan. 
 
Peristiwa itu terjadi ketika Kapal Tanker yang membawa produk jenis Solar melakukan proses pengisian bahan bakar ke Tangki Integrated Terminal di Pantai Balongan.
 

Pertamina siap bertanggung jawab dan melakukan ganti rugi terhadap areal terdampak. 

Saat ini, tim Pertamina juga dikabarkan sedang fokus menangani rembesan minyak di perairan pantai Balongan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan nya yaitu dengan melakukan perbaikan pada titik rembesan pipa.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah