Kondisi Pantai Balongan, Bau Menyengat Akibat Limbah Solar

- 19 Maret 2022, 19:40 WIB
Nelayan di Pantai Balongan
Nelayan di Pantai Balongan /

EDITORNEWS.ID - Kebocoran pipa solar bawah laut yang terjadi di Pantai Utara atau Pantura Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, atau yang biasa di sebut Pantai Bali 2, di kabarkan masih dalam tahap pemulihan hingga proses tahap penyelesaian.

Kebocoran pipa solar yang menyebabkan pencemaran laut tersebut mengakibatkan terganggu nya aktivitas nelayan dan objek pariwisata di sekitar Pantai Balongan.
 
Pasalnya, bau yang sangat menyengat akibat limbah solar tersebut masih tercium dan membuat masyarakat di sekitar nya risih dan kesal.
 
Menurut sumber yang beredar, terdapat dua titik pipa yang mengalami rembesan.
 

Dari dua titik tersebut, salah satu pipa sudah selesai diperbaiki.

Sedangkan titik yang satu nya lagi masih dalam perbaikan.

Dampak pencemaran limbah tersebut untuk kelompok nelayan adalah kesulitan menangkap ikan setelah perairan Balongan tercemar. 

Ketika air laut tercemar, ikan yang terdapat di laut akan menjadi tidak segar, justru sebaliknya, akan menjadi beracun dan tidak layak untuk di konsumsi manusia.

Sehingga dampaknya, pendapatan nelayan akan berkurang, bahkan bisa tidak mendapatkan penghasilan bila tidak ada ikan yang dapat dijual.

Baca Juga: Kemenag Rincikan Biaya Tarif Layanan Sertifikasi Halal

Dampak pencemaran laut tersebut bagi petambak yaitu kesulitan memasukkan air laut karena khawatir air tersebut akan mencemari tambak.

Sedangkan bagi sisi pariwisata, pencemaran lauttersebut menyebabkan jumlah pengunjung Pantai Balongan menurun drastis. 

Selain bau menyengat yang ditimbulkan dari limbah solar yang membuat Masyarakat tidak tahan, masyarakat juga khawatir karena pantai nya sudah tercemar.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah