BMKG Prediksi Gelombang Air Pasang Tinggi Warga Pesisir Manado Diminta Tetap Waspada

- 18 Januari 2021, 09:20 WIB
Gelombang tinggi menerjang kawasan Boulevard di pesisir pantai kota Manado Sulwesi Utara, Minggu 17 Januari 2021.
Gelombang tinggi menerjang kawasan Boulevard di pesisir pantai kota Manado Sulwesi Utara, Minggu 17 Januari 2021. /Tangkapan layar video Twitter.com/@94AVV/

EDITORNEWS - Puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada minggu-minggu ini. Fenomena ini didasarkan pada cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah di tanah air.

Tingginya curah hujan yang disertai angin kencang jadi salah satu bentuk fenomena cuaca alamiah yang terjadi pada puncak musim hujan ini

Sebagian wilayah pesisir, gelombang tinggi dan pasang air laut terjadi cukup tinggi. Seperti yang terjadi di pesisir laut Manado.

Baca Juga: Jika Tak Nyaman Tak Usah Pakai Masker Dobel, Simak Penjelasan Pakar

Baca Juga: Pemerintah Diminta Memasukkan (OPM) Sebagai Organisasi Teroris di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Daryatno mengatakan superposisi gelombang tinggi dan pasang air laut di Manado diprakirakan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan, sehingga masyarakat diimbau mewaspadai banjir pesisir di wilayah tersebut.

"Masyarakat di wilayah pesisir Manado kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan dampak gelombang tinggi dan angin kencang serta terus memperhatikan informasi terkini dari BMKG," kata Daryatno yang dihubungi dari Jakarta, Senin.

Berdasarkan analisis model InaWAVE-BMKG pada Minggu,17 Januari 2021, tinggi gelombang di perairan utara Sulawesi Utara berkisar antara 2,5-4,0 meter atau termasuk ke dalam kategori gelombang tinggi (rough seas).

Dia menjelaskan peningkatan kecepatan angin di pesisir Utara Sulawesi memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang dalam skala lokal dan bertepatan dengan pasang air laut maksimum, sehingga menyebabkan gelombang pasang lebih tinggi di pesisir Utara Sulawesi termasuk Manado.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x