dr. Ema Sebutkan 9 Gejala Awal Pada Kulit Ketika Seseorang Menderita Sakit Ginjal, Waspada!

- 27 Juli 2023, 13:38 WIB
Ilustrasi ginjal.
Ilustrasi ginjal. /Unsplash/Robina Weermeijer/

EDITORNEWS.ID – dr. Ema Surya Pertiwi melalui kanal YouTubenya sempat membagikan bagaimana 9 gejala awal pada kulit ketika seseorang menderita sakit ginjal.

Penyakit ginjal tentunya tidak boleh diremehkan, tidak ada salahnya mengetahui apa saja 9 gejala pada kulit ketika seseorang menderita sakit ginjal agar kita menjadi lebih waspada dan menyadari sedini mungkin untuk melakukan pemeriksaan.

Berikut 9 gejala awal pada kulit pada seseorang yang mengalami masalah ginjal, seperti dikutip Editornews.id melalui kanal YouTube @Emasuperr.

  1. Kulit Kasar Kering Bersisik

Biasanya kulit orang yang mempunyai gangguan ginjal akan terlihat kasar, bersisik, terasa kencang, dan mudah retak di sekujur tubuhnya.

  1. Kulit Gatal di Sekujur Tubuh

Gatalnya kulit akibat dari penumpukan limbah atau pun zat-zat beracun yang tidak bisa disaring dengan baik oleh ginjal, sehingga orang yang mengalami masalah ginjal akan sering merasakan gatal di sekujur tubuhnya.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat-Obatan? Coba Beberapa Tips yang Dipaparkan dr. Zaidul Akbar Ini

  1. Luka Akibat Sering Digaruk

Penderita dengan gangguan ginjal biasanya lebih sering menggaruk sekujur tubuhnya atau terkadang di area-area tertentu.

Garukan-garukan ini akan menghasilkan luka gores atau luka akibat garukan berulang, atau menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar.

Selain itu bisa juga munculnya benjolan keras dan sangat tebal. Biasanya tanda-tanda tersebut muncul disertai dengan rasa gatal yang sangat tidak nyaman, serta tidak berkurang walaupun digaruk berulang kali.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x