Asyik! Libur Lebaran Hari Raya Idul Adha 2023 Dikabarkan Ditetapkan Jadi Dua Hari

- 16 Juni 2023, 21:24 WIB
Foto: Ilustrasi Salat Idul Adha (Sumber Youtube : Update Pendidikan)
Foto: Ilustrasi Salat Idul Adha (Sumber Youtube : Update Pendidikan) /Rahma/

EDITORNEWS.ID - Dalam SKB tercantum bahwa Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Untuk itu hari libur Idul Adha pun juga berjumlah satu hari saja, yaitu 29 Juni 2023.

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah membuka opsi alternatif libur Idul Adha 2023 menjadi dua hari, yakni pada 28-29 Juni 2023.

Opsi itu muncul dalam pembahasan bersama empat menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menpan RB Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor pada Kamis 15 Juni 2023.

Terkait hal tersebut, belum ada lanjutan informasi terbaru terkait 30 Juni 2023 apakah libur cuti bersama atau tanggal merah Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Baca Juga: Viral! Pengusaha Jalan Tol Jusuf Hamka Tetap Jualan Nasi Kuning Ditengah Panasnya Kasus Hutang Negara

Pemerintah belum fix dan menetapkan waktu pelaksanaan Idul Adha lantaran baru akan menggelar Sidang Isbat pada 18 Juni 2023.

Di sisi lain, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada pada 28 Juni 2023. Ketetapan itu berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

"Kemarin sudah kita bahas, kita kaji bareng dalam rapat tingkat menteri di kantornya Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara). Hasilnya masih menunggu arahan dan kebijakan Bapak Presiden Jokowi," ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Jumat (16/6).

"Kami bersama-sama telah mencari solusi terbaik untuk libur Hari Raya Iduladha bagi seluruh masyarakat, sehingga semuanya bisa berjalan baik, termasuk bagi para aparatur sipil negara (ASN)," imbuhnya.***

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x