Hari Pers Nasional 2021 Siap Digelar, Ini Saran Menkominfo

- 8 Januari 2021, 13:22 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate. /Humas KPCPEN.

EDITORNEWS - Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan tiap tanggal 9 Februari. Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sebagai informasi, HPN ini sudah didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Dalam Keputusan Presiden Soeharto tersebut menyebutkan, bahwa pers nasional memiliki sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan pancasila.

Hingga kemudian ditetapkanlah pelaksanaan HPN ini setiap tahun secara bergantian di Ibukota Provinsi se-Indonesia oleh Dewan Pers.

Baca Juga: Ed Sheeran Akan Mengubah Nama Menjadi DJ Gingerbread Mix

Tahun ini, dimana situasi tanah air masih dalam masa pandemi. Hampir diseluruh wilayah memiliki kasus-kasus positif Covid-19. Hal ini tentu tidak memungkinkan pelaksanaan kegiatan digelar dengan mengumpulkan orang banyak.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyarankan agar kegiatan Hari Pers Nasional 2021 dilaksanakan secara "full digital", seiring dengan situasi yang masih pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: Sibuk Mempersiapkan Debut Solonya, Lisa Justru Direkrut Menjadi Mentor Youth With You

"Saya berharap lewat Hari Pers Nasional 2021, peran wartawan sebagai bagian dari demokrasi menjadi bagian terdepan bersama pemerintah untuk menyelamatkan masa depan bangsa di masa pandemi saat ini," tegas Menkominfo, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakan Menkominfo dalam pertemuan virtual dengan Pengurus PWI Pusat dan Panitia Hari Pers Nasional 2021, Kamis, 7 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x