Hari Tanpa Tembakau Sedunia Bertema 'Komitmen Untuk Berhenti' Jatuh Pada Senin, 31 Mei 2021

- 31 Mei 2021, 17:45 WIB
Karyawan Bidang Instalasi Promosi Kesehatan di RSUD Singaparna Medika Citrautama Kab. Tasikmalaya sedang mengkampanyekan Hari Tanpa Rokok dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Senin 31 Mei 2021.*
Karyawan Bidang Instalasi Promosi Kesehatan di RSUD Singaparna Medika Citrautama Kab. Tasikmalaya sedang mengkampanyekan Hari Tanpa Rokok dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Senin 31 Mei 2021.* /kabar-priangan.com/Aris FM/

EDITORNEWS – World Health Organization (WHO) menggalakkan kampanye menciptakan lingkungan bebas tembakau.

Nikotin yang terkandung dalam tembakau sangat membuat ketagihan dan penggunaan tembakau merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan pernapasan, lebih dari 20 jenis atau subtipe kanker.

Dirangkum dari WebMD.com, berikut 10 hal yang harus diperhatikan untuk mendukung program berhenti merokok:

Baca Juga: 11 Alternatif Kegiatan yang Dapat Dilakukan Ketika Bosan

1. Temukan alasan yang jelas

Motivasi memerlukan motif atau alasan. Hal yang pertama yang perlu diperhatikan adalah menemukan alasan mengapa perlu berhenti merokok. Alasan dapat berupa ingin melindungi keluarga dari paparan asap rokok, resiko kesehatan yang akan didapatkan dan alasan lainnya.

2. Lakukan persiapan

Berhenti secara tiba-tiba dapat menyebabkan kebiasaan merokok datang kembali. Lakukan persiapan seperti menanyakan kepada dokter tentang metode yang dapat membantu, kelas maupun aplikasi yang dapat membantu, konseling, pengobatan, dan hipnosis. Lalu tentukan hari untuk memulai berhenti merokok.

3. Pertimbangkan tentang mengganti Nikotin

Ketika berhenti merokok, penghentian Nikotin akan menyebabkan sakit kepala, mempengaruhi suasana hati, dan menguras tenaga. Untuk itu, temukan terapi untuk mengganti Nikotin pada Rokok seperti permen karet Nikotin, permen pelega tenggorokan dapat meningkatkan peluang keberhasilan program berhenti merokok.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah