Tentara Transgender Pertama di Korea Selatan di Temukan Tewas

- 4 Maret 2021, 21:40 WIB
TENTARA Korea Selatan berjalan dari pos penjagaan mereka di dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Korea Selatan, 16 Juni 2020.*
TENTARA Korea Selatan berjalan dari pos penjagaan mereka di dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Korea Selatan, 16 Juni 2020.* //REUTERS / Kim Hong-Ji

EDITORNEWS - Seorang tentara transgender pertama korea selatan Byun He-Soodi temukan tewas dirumahnya, di Cheongju, Seoul Selatan, sekitar 150 KM dari ibukota Seoul,Rabu, 3 Maret 2021.

Dilansir dari Yonhap News Agency, Byun ditemukan oleh pemadam kebakaran setempat setelah mendapat laporan telepon darurat dari konselor mentalnya yang khawatir karena byun tidak bisa dihubungi selama berhari hari sejak 28 februari 2021.

Byun adalah mantan staff sersan dan pengendara Tank militer berusia 23 tahun. Sebelumnya ia mendaftar secara sukarela sebagai tentara pada tahun 2017, lalu ia menjalani operasi penggantian kelamin di Thailand pada bulan November 2019.

Baca Juga: Perdana Drama Korea ‘Mouse’ Raih rating Tertinggi, Simak Saingannya.

Baca Juga: Trailer Ikatan Cinta 4 Maret 2021, Akankah Misi Aladin On The Way Berhasil

Pemerintah Korea Selatan mewajibkan semua pria sehat dan dewasa untuk mengabdi selama kurang lebih 2 tahun dalam militer. Ini dilakukan untuk mempertahankan diri dari ancaman serangan Nuklir oleh Korea Utara.

Namun, berdasarkan aturan yang berlaku, Korea Selatan melarang seorang transgender untuk bergabung dengan militer.

Kasus Byun menjadi pusat perhatian karena merupakan kasus pertama dimana seorang tentara aktif Korea Selatan menjalani operasi penggantian kelamin saat bertugas.

Setelah mengabdi selama 2 tahun, Byun kemudian dibebas tugaskan pada bulan januari 2020.

Sebelumnya ia sempat mengajukan petisi untuk diterima kembali sebagai tentara. Namun, ditolak pada bulan Juli Tahun Lalu.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah