Big Hit Music Mebantah Tuduhan Plagiarisme Terkait Solo Jungkook BTS 'Seven'

- 23 Agustus 2023, 12:47 WIB
Jungkook BTS
Jungkook BTS /Meri/

EDITORNEWS.ID_ Big Hit Music yang merupakan agensi pihak BTS telah menolak tuduhan plagiarisme terkait lagu solo 'Seven' Jungkook BTS.

Pada tanggal 22, agensi mereka Big Hit Music menyatakan, "Klaim pelanggaran hak cipta terkait dengan 'Seven' Jungkook tidak benar."

Mereka lebih lanjut menjelaskan, “'Seven' adalah lagu yang dibuat melalui kolaborasi dengan lima komposer asing dan tidak ada hubungannya dengan lagu dari album domestik 24 tahun lalu yang diklaim beberapa orang.

Tuduhan yang dibuat oleh beberapa orang, berdasarkan kriteria seperti kesamaan dan bukti substansial, tidak memenuhi standar apa pun untuk menentukan plagiarisme.”

Baca Juga: ‘Seven’ Jungkook BTS Dituduh Melakukan Plagiarisme Oleh Komposer Time Of Mask Fin.K.L ?

Ada pula tuduhan yang mengatakan bahwa 'Seven' meminjam porsi yang signifikan langsung dari lagu tahun 2000 "Masked Time" oleh grup Fin.K.L.

Komposer Yang Joon Young, yang menyusun "Time of Mask," mengirim dokumentasi, termasuk file digital dan perbandingan urutan musik dari dua lagu, ke HYBE Labels untuk meminta tanggapan.

Pada 22 Agustus, tuduhan diajukan terhadap Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto, penulis dan komposer "Seven".

Tuduhan mengklaim bahwa mereka "meminjam" "urutan skala yang sama" dari lagu Fin.K.L "Time of Mask", yang dirilis kembali pada tahun 2000 sebagai lagu sisi-B dari album S.P.E.C.I.A.L mereka.

Baca Juga: V BTS Menciptakan Suasana Sinematik Dalam Teaser Video Musik Terbarunya ‘BLUE’

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x