Kampung Adat Kranggan Bekasi Akan Punya Museum Budaya Rancangan Ridwan Kamil

- 28 Oktober 2022, 07:20 WIB
 Perkuat kebudayaan Jawa Barat melalui riksa budaya, Ridwan Kamil akan bangun museum budaya di Kampung Kranggan Bekasi/ Disparbud Jawa Barat
Perkuat kebudayaan Jawa Barat melalui riksa budaya, Ridwan Kamil akan bangun museum budaya di Kampung Kranggan Bekasi/ Disparbud Jawa Barat /

EDITORNEWS.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berniat memoles Kampung Adat Kranggan. Hal itu lantaran ia kagum dengan kampung yang tetap mempertahankan tradisi meski berada di kawasan metropolitan.

Demi mempercantik kawasan tersebut, Kang Emil berjanji membangun Museum Budaya di kampung tersebut. Bahkan ia sendiri yang akan merancang arsitektur bangunannya.

Meski sudah berusia ratusan tahun, kampung ini masih menjaga peradaban lampau. Saat ini, terdapat lima rumah adat yang masih bertahan secara turun temurun di Kampung Kranggan.

Ridwan Kamil pun berkesempatan bertemu dengan para tokoh Kampung Adat Kranggan. Pertemuan itu sekaligus membuka gelaran Riksa Budaya Jawa Barat yang menampilkan ragam seni khas budaya Sunda dan Betawi.

Baca Juga: Usai Pencabutan Laporan Kasus KDRT, Rizky Billar Main Futsal Ditemani Lesti Kejora

"Saya bangga kampung Kranggan berhasil melestarikan budaya di tengah modernisasi, sudah sembilan generasi," ujar Ridwan Kamil.

Kampung Adat Kranggan sendiri diperkirakan mulai dibangun sekitar abad 15 Masehi. Abah Olot, selaku pemuka kampung merupakan keturunan kesembilan dari pendiri desa.

Diyakini, leluhur warga Kampung Adat Kranggan merupakan keturunan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang mengungsi ke wilayah Bogor, Bekasi, Cirebon dan Banten.

Selain cagar budaya, di sekitar lokasi juga terdapat tempat ziarah. Tempat ini pun sering dikunjungi sehingga membantu perekonomian masyarakat.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x