Otsus buat Kemajuan Masyarakat di Papua

- 19 Desember 2020, 13:48 WIB
foto. belajar di teras rumah minimnya penerangan .
foto. belajar di teras rumah minimnya penerangan . /Johannes /

EDITORNEWS - Mantan ketua DPRD Papua Barat dua periode Jimmy Demianus Ijie yang kini anggota DPR-RI dari Dapil Papua Barat menilai, revisi Otsus akan menyejahterakan rakyat, asal penerapannya benar-benar dapat menyentuh persoalan rakyat.

Kata Jimmy dalam Webinar Series 20 bertajuk “Mampukah Revisi otonomi Khusus Papua menjamin masa depan dan kesejahteraan Papua" yang diselenggarakan oleh PSKP, pada hari Jumat 18 Desember 2020.Pagi.

“Kami belum menerima draf revisi itu, memang kemarin dalam paripurna ibu ketua DPR (Puan Maharani) menyampaikan sudah menerima surat dari Pak Presiden terkait revisi UU Otsus Papua, tapi sebagai Anggota DPR kami belum menerima drafnya,”

Baca Juga: Suasana Haru Keluarga dari Anies Baswedan, Saat Menjenguk Anies yang Terpapar Covid-19

Pimpinan DPR RI sendiri sudah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait pembahasan Revisi Undang-undang (UU) Nomor 21 Tahun 2001 tentang otonomi khusus (Otsus) Papua. Surat itu akan ditindaklanjuti pada masa sidang akan datang. Namun, belum semua Anggota DPR RI menerima draft revisi Otsus tersebut.

“Revisi ini tidak bisa seperti tambal sulam hanya datang duduk bicara pasal ini dan selesai, tidak. Kita harus bicara apa sebabnya sehingga rakyat Papua menyimpulkan Otsus selama 20 tahun ini tidak berhasil. Itu yang harus kita duduk bersama dan bicarakan,” paparnya.

Baca Juga: Wajah Bersih Tanpa Jerawat? Cukup Dengan Pepaya, Catat Resepnya

“Kami melihat Otsus ini ibarat cek kosong aja buat orang Papua. Kekhususannya tidak jelas pelaksanaannya, katanya lex specialis, tapi kenyataannya lex generalis. Sebagai mantan ketua DPRD Papua Barat saya 2 periode disana, berkali-kali banyak hal kami bicarakan ke pusat tapi selalu mentok,” sambungnya.

Ia menilai, tidak heran apabila masyarakat Papua menganggap keberadaan Otsus ini belum berdampak apa-apa. Jika ingin serius, Jimmy menyarankan pemerintah belajar dari Pemerintah Provinsi Bosano di Italia, dan Kepulaua Alan di Firlandia. Kedua negara itu sukses menerapkan Otsus bagi masyarakatnya.

Baca Juga: Selain Terkenal di Kuliner, Ternyata Kayu Manis Juga Bisa Cegah Diabetes

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x