Siswi SDN 177 Kota Jambi Gelar Lomba Pemakaian Tengkuluk, Meriahkan HUT RI ke 78 Tahun

- 14 Agustus 2023, 22:11 WIB
SDN 177 Kota Jambi
SDN 177 Kota Jambi /

EDITORNEWS.ID - Lomba pemasangan Tengkuluk (kain batik penutup kepala perempuan) yang digelar SDN177 Kota Jambi berlangsung meriah.

Hadir dalam acara tersebut Lurah Kebun Handil, Ketua Komite, Para undangan dan orang tua murid. Senin, 14 Agustus 2023 Pukul 10.00 Wib - selesai

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Pramuka dan HUT RI ke-78 yang berlangsung di halaman SDN 177 Kota Jambi.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 177  Atika Alkaf Spd, mengatakan tujuan lomba agar dapat lebih meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap warisan budaya Jambi, khususnya terhadap Tengkuluk.

Baca Juga: Wow! Wakil Ketua DPRD Nias Utara Diduga Check-in Dengan Istri Orang di Kamar Hotel Kota Medan

Momen ini jauh sebelumnya sudah masuk dalam agenda sekolah kami sehingga waktu yang pas dilaksanakan saat Peringatan Hari Pramuka dan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Sebelum acara dimulai terlebih dulu kami melakukan upacara bendera dalam peringatan Hari Pramuka.

Lomba pasang Tengkuluk HUT RI ke 78 Kota Jambi
Lomba pasang Tengkuluk HUT RI ke 78 Kota Jambi
Sebagai informasi, Tengkuluk merupakan warisan budaya Melayu Jambi yang dipakai oleh masyarakat Jambi, sebagai penutup kepala wanita dalam berbagai kesempatan, seperti acara adat, bekerja, pergi ke ladang, bahkan digunakan dalam keseharian.

Selain Kepala Sekolah Dasar (SD) juga anggota P2B Jambi yang membidangi Seksi Pendidikan. Program kami sebagaimana membudayakan Tengkuluk dengan anak-anak dan saya mulai dari sekolah saya dulu pas di Hari Pramuka dan HUT RI ke-78 tahun.

Ditambahkan, seminggu sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi kepada anak-anak dan melatihnya dari ibu-ibu P2B karena kami mengira emak-emak saja susah mungkin anak-anak juga, ternyata mereka lebih cepat dapat, pungkasnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x