BBWS Citarum Minta Warga untuk Ikut Merawat Tanggul Kritis

- 7 Januari 2022, 08:38 WIB
BBWS Citarum.
BBWS Citarum. /Agung Tri Nurcahyo/prfmnews

EDITORNEWS.ID - Sebelumnya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum telah memperbaiki Kolam Retensi Andir, Dayehkolot secara bersama-sama.

Dalam proses perbaikan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Citarum Harum ikut terjun dalam memulai penanganan tanggul di Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Kamis 6 Januari 2022.

Mereka menguatkan pondasi tanggul dan meninggikan tanggul BBWS Citarum.

Disisi lain pembangunan tanggul ini diharapkan dapat dilaksanakan tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Giring Ganesha Terperosok Dalam Kubangan Lumpur Saat Meninjau Lokasi Sirkuit Penyelenggaraan Formula E

Kepala BBWS Citarum, Bastari mengatakan tanggul yang amblas di Desa Lenggahjaya tersebut merupakan salah satu dari 21 tanggul kritis yang ada di sepanjang Sungai Citarum hilir ini.

"Akibat Banjir dan surut cepatnya muka air Citarum maka sebagian tanggul 100m dari 200m tanggul yang dikonstruksi darurat mengalami penurunan," ujarnya.

BBWS Citarum menambahkan adanya tanggul penurunan tersebut dikarenakan karakteristik Citarum hilir ini sungainya terbentuk dari aluvial sedimen yang lunak sehingga tanah lunak sangat dalam.

"Tanah Keras Baru ketemu di kedalaman 30-40m sehingga memang dalam proses meandering sungai terutama pada pondasi yang lemah maka tanggul tanah sering terjadi longsoran atau sliding," lanjutnya.

Baca Juga: Aktor Snowdrop Jung Hae In Jalin Persahabatan Dengan Anggota Terkaya BTS

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah