dr Zaidul Akbar Ungkap Daftar Zat Kimia yang Terkandung dalam Kosmetik, Wanita Wajib Tahu

- 25 Februari 2022, 13:21 WIB
dr Zaidul Akbar Ungkap Daftar Zat Kimia yang Terkandung dalam Kosmetik, Wanita Wajib Tahu.
dr Zaidul Akbar Ungkap Daftar Zat Kimia yang Terkandung dalam Kosmetik, Wanita Wajib Tahu. /

EDITORNEWS.ID - Dokter sekaligus penceramah dr Zaidul Akbar dalam kajiannya menjelaskan terkait zat kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Bisa saja kosmetik yang anda gunakan selama ini mengandung bahan kimia beracun yang tanpa kita sadari.

Oleh karena itu dr Zaidul Akbar mengingatkan kepada kita khususnya kepada wanita untuk waspada terhadap kandungan endokrin disrupter pada kosmetik.

Baca Juga: dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaat dan Perbedaan Antara Bekam dengan Donor Darah

Menurut dr Zaidul Akbar,, kandungan zat kimia yang terdapat dalam kosmetik bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormon tubuh yang bisa mengganggu kesuburan dan menyebabkan kanker.

Endokrin disrupter atau pengganggu endokrin merupakan sekelompok zat kimia pengganggu yang bisa mengganggu berbagai hormon, baik itu kualitas sperma, sel telur dan embrio.

"Ini berarti apa yang Anda pakai, maka Anda sedang memasukkan bahan-bahan yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon di badan Anda dari kosmetik," ucap dr Zaidul Akbar dilansir dari kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official.

Itulah kenapa sekelompok zat kimia ini bisa mengganggu kesuburan, karena memiliki sifat meniru hormon, khususnya hormon estrogen. Alhasil, karena banyak meniru, kinerja hormon dalam tubuh jadi kacau.

Sedangkan hormon estrogen punya banyak peran salah satunya mempertahankan kekuatan rahim, dan merangsang keluarnya air susu ibu (ASI) saat bayi dilahirkan.

Baca Juga: Jangan Takut Kehujanan, dr Zaidul Akbar Sebut Bisa Menghilangkan Kesedihan dan Kegalauan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah