Keren! Pemerintah Bangun Jalan Tol Semarang ke Demak Menggunakan Bambu

- 28 September 2021, 09:10 WIB
Bahan bambu yang akan digunakan pada jalan Tol Semarang-Demak sedang diuji coba dan dilaksanakan PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD)
Bahan bambu yang akan digunakan pada jalan Tol Semarang-Demak sedang diuji coba dan dilaksanakan PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD) /Dok Kementrian PUPR/

EDITORNEWS - Pemerintah terus melakukan pembangunan di berbagai wilayah demi memberikan kenyaman bagi masyarakatnya.

Saat ini pemerintah tengah membuat jalan tol yang menghubungkan daerah Semarang ke Demak.

Untuk jalan tol penghubung Semarang dan Demak sangat berbeda tidak seperti jalan tol biasanya, jalan tol ini mengunakan bahan dasar dari bambu.

Proyek pembuatan jalan tol ini dilakukan guna mendukung jaringan Tol Trans Jawa Koridor Pantura sekaligus untuk mengurai kemacetan.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Ingatkan Masyarakat Indonesia untuk Menjaga Ucapan Dalam Berbicara, Jangan Buat Orang

Disisi lain Balai Bahan dan Struktur Bangunan Gedung Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Ferri Eka Putra tengah melakukan uji coba pada bambu itu.

Untuk pengujian kekuatan bambu untuk jalan tol tersebut akan dilaksanakan di laboratorium.

“Pengujian dilakukan untuk mempersiapkan bahan bambu yang akan digunakan sebagai konstruksi matras untuk mempercepat waktu konsolidasi pada tanah di lokasi konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak,” ucapnya.

Pengujian bambu tersebut akan mendukung kondisi tanah dasar di lokasi yang bertekstur lunak.

Baca Juga: Wow! Wajah Maudy Ayunda Terpampang di Times Square New York, Begini Ceritanya

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x