Ditengah Maraknya Varian Omicron Afrika Selatan Umumkan Sudah Lewati Masa Itu

- 18 Desember 2021, 16:06 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 varian Omicron
Ilustrasi tes Covid-19 varian Omicron /Freepik/


EDITORNEWS.ID - Varian Omicron dikabarkan telah masuk ke Indonesia melalui seorang pegawai kebersihan di Wisma Atlet dengan inisial N.

Mengetahui itu lantas membuat Menkes Budi Gunandi meminta warga untuk tidak panik namun lebih mempercepat proses vaksinasi.

"Tidak usah panik, tetap hidup seperti normal. Patuhi protokol kesehatan. Patuhi surveilans lakukan vaksin lebih cepat lagi," ucapnya.

Ditengah kepanikan varian omicron merabah di seluruh dunia berbeda dengan negara di Afrika Selatan yang menyampaikan kabar gembira.

Baca Juga: PDAM Tirta Jawa Barat Mengalami Kebocoran Hingga Tembus Kerugian Sampai Rp8,3 Triliun

Hal ini dikemukan oleh Menteri Kesehatan Afrika Selatan Joe Phaajla mengatakan pasien  Omicron telah menurun dibandingkan dengan Delta.

 

''Hanya 1,7 persen dari semua kasus Omicron yang dirawat di rumah sakit, dibandingkan dengan 19 persen kasus varian Delta di awal tahun 2021,'' ucapnya.

Disamping itu peneliti Insitut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan, Waasila Jassat mengatakan untuk pertama kalinya tidak ada pasien dengan gejala parah di rumah sakit akibat Covid-19.

"Kami telah melihat penurunan proporsi orang yang membutuhkan oksigen. Jumlah pasien berada pada tingkat terendah. Untuk pertama kalinya ada lebih banyak pasien dengan gejala ringan daripada pasien bergejala parah di rumah sakit," tuturnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x