Gagal Ginjal Akut pada Anak Naik Jadi 325 Kasus

- 2 November 2022, 14:55 WIB
Gagal Ginjal Akut pada Anak Naik Jadi 325 Kasus
Gagal Ginjal Akut pada Anak Naik Jadi 325 Kasus /

EDITORNEWS.ID – Kasus gagal ginjal akut pada anak mengalami lonjakan. Sempat menurun, kini kasus melonjak hingga 325 pasien.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan penambahan kasus baru gagal ginjal akut pada anak. Dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (2/11), Budi menyampaikan saat ini ada sekitar 325 kasus gangguan ginjal akut di seluruh Indonesia.

Terdapat konsentrasi di beberapa Provinsi tertentu khususnya di daerah Sumatera Utara, Jawa bagian Barat dan Timur, serta Sulawesi Selatan. DKI Jakarta masih mendominasi jumlah kasus, kemudian disusul Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

"Yang unik adalah Aceh, Sumatera Barat, dan Bali. Ini yang unik, ya," ujar Menkes.

Baca Juga: Jin BTS dan Member Lain Akan Merasakan Hal ini Saat Menjalani Wajib Militer

Selain itu, Budi memastikan bahwa peran obat Fomepizole dalam kasus gangguan ginjal akut terbukti positif. Ini terlihat dari pasien di RSCM yang diberikan Fomepizole dan kebanyakan dari mereka menunjukkan perbaikan kondisi kesehatan.

"6 dari 12 pasien gangguan ginjal akut yang dirawat di RSCM menunjukkan perbaikan setelah diberikan Fomepizole," kata Budi dalam kesempatan yang sama.

*Belum Tentu KLB*

Meski terdapat kenaikan, Menkes Budi Gunadi mengatakan, wacana penetapan kejadian luar biasa (KLB) untuk kasus gagal ginjal akut pada anak masih belum bisa dipastikan. Pasalnya Budi mengatakan bahwa secara garis besar kasus gagal ginjal akut sudah ada penurunan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x