Setahun Merger, Pelindo Regional 1 Semakin Komitmen Tingkatkan Kinerja Perseroan

- 20 Oktober 2022, 08:32 WIB
Pelindo Regional 1 Belawan didampingi KSI, melakukan penanaman pohon endemik, di Sicanang Belawan, beberapa pekan lalu.
Pelindo Regional 1 Belawan didampingi KSI, melakukan penanaman pohon endemik, di Sicanang Belawan, beberapa pekan lalu. /Kesuma Ramadhan/

EDITORNEWS.ID - Setahun sudah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero Regional 1 melakukan merger, tepatnya pada 1 Oktober 2021 kemarin.

Memasuki usia setahun merger tersebut, Pelindo Regional 1 semakin Komitmen untuk terus meningkatkan kinerja perseroan.

Dalam satu kesempatan, Manager Umum Pelindo Belawan, Khairul Ulya menerangkan, setidaknya selama setahun merger Pelindo Regional 1 telah melakukan berbagai program yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kinerja perusahaan yang berfokus pada standarisasi layanan.

"Secara bertahap dilakukan serah operasi dengan subholding yang ada, yakni, Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) serta anak perusahaan SPMT, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT),” ujar Khairul Ulya, kepada awak media, Selasa, 19 Oktober 2022.

Baca Juga: Bangunan Masjid Islamic Center Dikepung Asap, Tampak Api Membara di Kubah

Khairul Ulya jugs menyebutkan melalui serah operasi terjadi beberapa perubahan kinerja, seperti Pelabuhan Utama Belawan yang setelah diserahoperasikan kepada SPMT mengalami peningkatan kinerja yang cukup signifikan.

“Misalnya untuk curah kering yang ketika ditangani Regional 1 Belawan, kinerjanya hanya 5000 ton per hari, namun setelah dikelola oleh subholding, kini meningkat hingga 10.000 ton per hari,” katanya.

Khairul Ulya juga menambahkan, pasca merger Pelindo juga sedang memasuki masa transisi yang berfokus pada perubahan-perubahan, salah satunya adalah penetapan dedicated terminal yang telah diimplementasikan di Pelabuhan Utama Belawan.

Yakni peningkatan kemampuan pengoperasian fasilitas pelabuhan dari fasilitas untuk melayani barang umum (general cargo/multipurpose) menjadi melayani angkutan khusus curah kering yang terdiri dari food and feed, bungkil dan Batubara (terminal curah kering), kemudian untuk melayani kendaraan dan roro (car terminal), serta untuk melayani angkutan curah cair (terminal curah cair).

Baca Juga: Buat Jaksa Tercengang, Ferdy Sambo Minta Dibebaskan dan Dibersihkan Namanya

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah