BKSD Jambi Pelepasliaran Harimau Sumatera Ke Habita Menggunakan Helikopter

- 31 Mei 2022, 22:57 WIB
Pelepasaliaran  Harimau Sumatera
Pelepasaliaran Harimau Sumatera /

EDITORNEWS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan pelepasliaran harimau sumatera ( Panthera tigris sumatrae ) kembali ke habitatnya di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, kata Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh melalui keterangan resminya, Selasa (31/5/2022).

Seekor harimau Sumatera jenis kelamin jantan berusia 8-10 tahun yang beberapa waktu lalu masuk perangkap BKSDA Jambi, kini resmi dilepasliarkan kembali ke habitatnya di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi.

Pelepasliaran dilaksanakan langsung di tengah kawasan pada zona inti TNKS dengan ditranslokasi menggunakan helikopter proses pelepasliaran dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dan Kepala Balai KSDA Jambi.

Sebelumnya pada 21 April 2022, Balai KSDA Jambi telah menyelamatkan satu individu harimau sumatera di Desa Nalo Gedang , Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin.

Baca Juga: Gubernur Bali Tolak Permintaan Maaf Bule yang Bugil di Pohon Keramat, Segera Dideportasi!

Selanjutnya harimau di rawat di Tempat Penyelamatan Satwa ( TPS ) BKSDA Jambi di Desa Mendalo Darat.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik yang diketahui harimau itu memiliki berat badan 110 kg, panjang keseluruhan 217 cm, panjang taring atas 6,2 cm serta panjang taring bawah 3,5 cm.

Selama kurang lebih 40 (empat puluh) hari berada di TPS Balai KSDA Jambi, harimau mendapatkan perawatan intensif berupa pemberian pakan hidup secara rutin dan terjadwal seperti ayam, kelinci dan kambing dengan total 370,4 kilogram. 

Pemilihan lokasi pelepasliaran harimau sumatera ini di Taman Nasional Kerinci Seblat, berdasarkan berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat bersama dengan Flora Fauna Internasional (FFI).

Baca Juga: Curi Baterai Tower Indosat Satu Tersangka Manta Karyawan PT Indosat Ooredo Hutchison

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x