Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Akibat Iritasi Gas Air Mata Terancam Buta Permanen

- 15 Oktober 2022, 05:47 WIB
Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Akibat Iritasi Gas Air Mata Terancam Buta Permanen
Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Akibat Iritasi Gas Air Mata Terancam Buta Permanen /Agus Triyana /Istimewa

EDITORNEWS.ID - Salah satu korban tragedi Kanjuruhan dengan kondisi mata merah mengadukan ke posko tim gabungan Aremania (TGA) di Jalan Kawi, Malang. Fakta baru pun terungkap dari hasil pemeriksaan medis korban tragedi Kanjuruhan Malang.

Anjar Nawan Yusky selaku pendamping hukum tim gabungan Aremania menjelaskan, rekam medis salah satu korban dengan kondisi mata merah dari rumah sakit mendiagnosa karena luka terinjak-injak. Padahal dari pengakuan korban yang bersangkutan ke posko, tak ada yang terinjak-injak di area wajah apalagi mata.

“Dari situlah muncul kecurigaan kami, bagaimana bisa wajah tidak bisa terinjak, tapi matanya merah, untuk itu kami melakukan pendampingan melakukan pemeriksaan pembanding, sebagai second opinion ke dokter spesialis,” katanya.

Hasilnya cukup mengejutkan, dokter menemukan adanya kandungan paparan zat dari luar. Paparan itu menyebabkan pecah pembuluh darah yang bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Baca Juga: 131 Balita Terancam Cuci Darah, KPAI Minta Setop Peredaran Obat Penyebab Gangguan Ginjal

Hal ini dikarenakan kornea mengalami iritasi. Penyebab terbesar diduga dari gas air mata yang masuk ke mata.

“Pemeriksaan dokter spesialis ditemukan penyebab mata merah karena salah satunya adalah pecah pembuluh darah di mata, dan untuk pemeriksaan lebih spesifik, kami sudah konsultasi dan perlu dilaksanakan pemeriksaan kornea mata. Ada kemungkinan cacat permanen, ada kemungkinan kebutaan ketika paparan zat dari luar dokter tidak menyebutkan spesifik apa itu,” katanya lagi.

Menurutnya, mencari penyebab pasti luka yang dialami penting agar peristiwa ini lebih terang benderang. Pasalnya Aremania menilai begitu minimnya informasi mengenai rekam medis penyakit yang dialami para korban.

Baca Juga: Janjian Nonton BTS Bareng, Luna Maya dan Ayu Ting Ting Berebut 'Calon Suami'

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x