Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Muslim Berdasarkan Hadis, Salah Satunya Bagi Kaum Pria

- 8 April 2022, 10:58 WIB
Ilustrasi Salat Jum'at.
Ilustrasi Salat Jum'at. //unsplash/ @masjidmpd

EDITORNEWS.ID - Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam yang tertera dalam salah satu nama surah di Al-Qur'an yaitu surah ke 62.

Demikian juga Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam telah menjelaskan dalam banyak haditsnya tentang keistimewaan hari Jum'at.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jumat adalah sebaik-baiknya hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga.

Hari Jum'at juga diperingati dengan adanya salat jum'at yang dilakukan oleh para laki-laki beragama Islam.

Baca Juga: Hukum Menangis Saat Puasa Ramadhan, Simak Penjelasannya

Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.

“Hari yang terbaik di saat matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itulah Nabi Adam diciptakan. Pada hari itulah dia dimasukkan surga, dan pada hari itu di dikeluarkan dari surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat” (HR Muslim).

Disisi lain Hari Jumat merupakan hari yang mustajab untuk berdoa walaupun sebentar. Abu Hurairah ra berkata,

“فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x