Punya Kolesterol Tinggi? 6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Anda Hindari

- 1 Juli 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi tes kolesterol./Freepik/rawpixel.com
Ilustrasi tes kolesterol./Freepik/rawpixel.com /

EDITORNEWS.ID – Siapakah diantara Anda yang memiliki kolesterol tinggi? kali ini informasi berikut mengenai 6 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Mengutip dari laman p2ptm.kemkes.go.id, Kolesterol yaitu adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat Kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol agar tetap sehat, tetapi kolesterol yang tinggi ternyata bisa meningkatkan risiko peenyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah.

Bagi Anda yang mungkin mengalami kolesterol tinggi, dr. Bobby Arfhan Anwar SpJP(k) selaku Dokter Spesialis Jantung, membagikan informasi di akun Instagramnya @dr. bobbyjantung pada 19 Desember 2023 lalu terkait makanan apa saja yang perlu dihindari bagi penderita kolesterol tinggi.

Baca Juga: Dokter Spesialis Jantung Ini mencerminkan Apa Saja Perubahan yang Tampak Pada Perokok, Khususnya Pada Fisik

  1. Kuning Telur

Kenapa kuning telur? Karena 1 porsi kuning telur ternyata mengandung 185 mg Kolesterol, dan itu lebih ½ asupaun maksimum harian yang direkomendasikan.

  1. Keju

Ternyata keju juga termasuk yang harus dihindari karena mengandung kolesterol tinggi. Anda dapat mengonsumsi keju rendah lemak dan porsi sedang.

  1. Udang

Disebutkan bahwa 4 ons udang ternyata mengandung 170 mg kolesterol, maka sebaiknya hindari dulu makan udang jika kolesterol tinggi.

  1. Jeroan

Jeroan juga termasuk makanan yang perlu dihindari, karena 3 ons hati sapi ternyata mengandung 333 mg kolesterol

  1. sarden

Sarden juga mengandung kolesterol yang tinggi, dimana 1 kami mengandung 40 mg kolesterol.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah