Hal Baru di Malam Penghargaan Ballon dOr, Pertama Kalinya Diadakan Socrates Award

- 23 Oktober 2022, 21:18 WIB
Hal Baru di Malam Penghargaan Ballon dOr, Pertama Kalinya Diadakan Socrates Award
Hal Baru di Malam Penghargaan Ballon dOr, Pertama Kalinya Diadakan Socrates Award /Instagram

EDITORNEWS.ID - Malam Penghargaan Ballon dOr 2022 menampilkan hal baru. Tahun ini penghargaan Ballon dOr disuguhi penganugerahan Socrates Awards, yang jatuh kepada striker Bayern Munich yaitu Sadio Mane.

Pemain Timnas Senegal itu meraih Socrates Award karena dinilai memiliki jiwa sosial yang tinggi. Socrates award mungkin masih sedikit asing terdengar di ajang Ballon dOr.

Hal ini lantaran penghargaan tersebut baru diadakan pada 2022. Lalu mengapa penghargaan humanis ini bisa masuk ke Ballon dOr yang notabene menilai pemain terbaik dunia.

Socrates Award terinspirasi dari nama pemain legendaris sepak bola Timnas Brasil, bernama Socrates Brasileiro Sampaio de souza vieira de Oliveira. Dirinya tak hanya dikenal sebagai seorang pesepakbola.

Baca Juga: Saksi Hidup Kebakaran di Penjara Iran, Mendengar Lebih dari 200 Suara Tembakan hingga Siksaan Setiap Saat

Dalam kesehariannya ia merupakan sosok yang diketahui berprofesi sebagai dokter. Kepintarannya tak hanya diperlihatkan di lapangan hijau, tetapi juga di luar sepak bola, sejak aktif menekuni bidang tersebut pada 1973.

Selama di dunia sepak bola, Socrates telah menjajaki sejumlah tim. Di antaranya, Corinthias, Flamengo dan Fiorentina.

Tak cuma itu, Socrates juga merupakan pendiri gerakan demokratis korintus. Pergerakan itu muncul untuk menentang pemerintahan militer, yang terjadi di Brasil pada 1980-an.

Dengan gerakan itu, Socrates mendesak pemilu di Brasil dilakukan secara demokratis. Pemilihan yang melalui pemungutan suara, bukan dengan cara militer.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x