Pemerintah Mendorong Peningkatan Produktivitas Sagu Masyarakat

- 7 Desember 2020, 17:42 WIB
Ilustrasi tanaman sagu.
Ilustrasi tanaman sagu. /EmEssEss/Pixabay

EDITORNEWS -  Percepatan pengembangan sagu nasional melalui pemberdayaan masyarakat sagu di seluruh Indonesia.

Sebagai upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah mendorong adanya percepatan pengembangan sagu nasional. 

Pemerintah juga berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan dari usaha pengelolaan sagu dan meningkatkan produktivitas sagu masyarakat.

Baca Juga: Presiden Bergerak Cepat Untuk Mengisi Kekosongan Posisi Edhy Prabowo

“Untuk meningkatkan produktivitas tanaman sagu di Papua, Pemerintah perlu meningkatan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat adat yang secara langsung melakukan kegiatan produksi tanaman sagu di tanah ulayat yang dikelola,” tutur Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud dalam Webinar Memberdayakan Masyarakat Sagu di Indonesia Senin, 7 Desember 2020 di Jakarta.

Pemerintah juga mengharapkan adanya peningkatan nilai tambah dari produk sagu yang dihasilkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi berbagai makanan olahan. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah, dan Transmigrasi bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dapat mendorong dan membina Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Baca Juga: BREAKING NEWS,Konferensi Pers Rilis Terkait Pengikut MRS Yang Membahayakan Anggota Polri

“Adanya branding dan pengemasan yang baik, juga menjadi faktor penting dalam menarik minat masyarakat dalam meningkatkan konsumsi sagu,” ujar Deputi Musdhalifah.

Menurutnya, Kementerian Pertanian juga perlu berperan aktif dalam mendukung dan membina Unit Pengolahan Hasil (UPH) sagu di sentra sagu Indonesia. Beberapa tempat pengolahan sagu tersebut telah melakukan pengolahan secara mekanis.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Ekon.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x