Kominfo Imbau Hati-Hati Jika Dapat Panggilan Telepon dari Nomor Berkode Area Luar Negeri, Begini Penjelasannya

- 13 September 2023, 05:39 WIB
Ilustrasi Hp
Ilustrasi Hp /Pixabay.com/markusspike/

EDITORNEWS.ID – Sebaiknya Anda mulai berhati-hati jika mendapatkan panggilan telepon dari nomor berkode area luar negeri yang tidak Anda kenali.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengunggah postingan melalui Instagram resminya @kemenkominfo agar masyarakat mengabaikan jika mendapatkan panggilan telepon dengan nomor berkode area luar negeri.

“#SobatKom, pastikan kamu selalu berhati-hati ketika menerima panggilan telepon, ya. Kalau ada nomor nggak dikenal dan punya kode nomor luar negeri, bisa dipastikan itu adalah aksi penipuan. Jadi, nggak perlu kamu terima apalagi telpon balik,” tulis dalam postingan tersebut.

Hal itu dikhawatirkan bahwa panggilan tersebut adalah modus penipuan, contohnya modus seperti berikut ini:

Baca Juga: Apakah Cuka Apel Boleh Dikonsumsi oleh Ibu Hamil? Begini Kata dr. Zaidul Akbar

  1. Wangiri Fraud

Yaitu sebuah usaha yang dilakukan untuk memancing penerima telepon agar menelepon balik dan setelah ituu membebankan biaya panggilan kepada korban.

  1. Penipuan dengan Google Voice

Modusnya berpura-pura menjadi operator instansi untuk menagihkan sejumlah biaya yang seolah-olah menjadi tanggungan penerima telepon.

Baca Juga: Segini Jumlah Formasi CPNS dan PPPK di Kemenkumham, Sudah Tahu Perbedaan Keduanya? Simak Berikut Ini  

Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya tidak ditanggapi atau langsung lakukan pemblokiran dan lapor ke aduannomor.id.***

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah