Pemprov Jambi Minta UMKM Urus Izin dan Sertifikasi Tanah Lokasi Usaha Mempermudah Mendapatkan Bantuan Dana

- 27 Januari 2022, 18:27 WIB
Pemprov meminta pelaku UMKM untuk Urus Izin dan Sertifikasi Tanah Lokasi Usaha dengan Tujuan Mempermudah Mendapatkan Bantuan Keuangan
Pemprov meminta pelaku UMKM untuk Urus Izin dan Sertifikasi Tanah Lokasi Usaha dengan Tujuan Mempermudah Mendapatkan Bantuan Keuangan /

EDITORNEWS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi meminta seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah untuk mengurus perizinan usaha dan melakukan sertifikasi lahan lokasi usaha agar bisa mendapatkan akses bantuan keuangan.

Salah satu tujuan mengurus izin usaha dan sertifikasi tanah ini, agar UMKM bisa mendapatkan akses bantuan keuangan. Baik itu dari pemerintah maupun dari perbankan.

“Kita imbau agar pelaku UMKM dapat mengurus izin usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT),”kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi M Taufik, Rabu 26 Januari 2022.

Dijelaskan Taufik, NIB PIRT dan izin usaha lainnya sudah menjadi persyaratan bagi UMKM untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik itu berupa bantuan keuangan maupun bantuan sarana dan prasarana penunjang usaha.

Baca Juga: Begal Sadis Asal Bangka Belitung Diringkus Polisi Korbannya Tukang Ojek di Jambi

Pembuatan kartu NIB (Nomor Induk Berusaha) dan PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) ini, dapat dipastikan untuk memudahkan urusan berusaha seperti mendapat izin usaha, meminimalis anggaran sewa tempat, dan mengefektifkan anggaran modal.

“Sebagian besar UMKM di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi sudah mengurus NIB dan PIRT tersebut, namun untuk UMKM di daerah baru mengurus izin usaha di Dinas Satu Pintu,” ujar M Taufik.

Provinsi Jambi, terdapat 648 UMKM yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi UMK Provinsi Jambi serta sudah memiliki NIB dan PIRT.

Dari jumlah UMKM tersebut terdapat 123 UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal. Sementara 525 UMKM lainnya masih dalam proses sertifikasi halal di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM).

Baca Juga: Kronologi Bule Mengamuk Akibat Ketinggalan Pesawat di Bandara Gusti Ngurah Rai Bali

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x