Balas Dendam, Tahun Baru Imlek BBC World News di Larang Mengudara di China

- 12 Februari 2021, 13:55 WIB
BBC News.
BBC News. /TWITTER/

EDITORNEWS - Pemerintah Negara China melarang saluran televisi BBC World News mengudara, hal ini terjadi karena regulator media Inggris Ofcom mencabut izin China Global Television Network (CGTN).

Kejadian ini terungkap setelah adanya pemberitaan dari National Radio and Television Administration (NRTA) pada Jumat 12 Februari 2021.

Pelarangan saluran televisi Inggris BBC World News mengudara di China, ini wujud dendam pemerintah China setelah sepekan regulator media Inggris mencabut izin siaran televisi pemerintah China.

Baca Juga: Ayo! Mendikbud Nadiem Buka Kesempatan Kuota Satu Juta Guru Honorer Segala Usia Menjadi PPPK

Baca Juga: Waspada Beri Informasi Hoaks Pribadi Seseorang Denda Rp20 Miliar dari Kemenkominfo

Izin China Global Television Network (CGTN) dicabut pada tanggal 4 Februari 2021 oleh regulator media Inggris.

Hal ini terjadi setelah investigasi mengungkapkan bahwa izin tersebut disalahgunakan oleh Star China Media Ltd.

Pemerintah China membuat pernyataan yang dirilis bertepatan menjelang Tahun  Baru China atau Tahun Baru Imlek, menyebutkan dalam penyelidikan ditemukan bahwa laporan terkait China oleh BBC World News secara serius melanggar aturan, termasuk bahwa berita harus jujur dan adil.

Pemberitaan BBC ini menurut pemerintah China akan membahayakan kepentingan nasional China dan menggerogoti persatuan negara.

Dengan demikian BBC tidak memenuhi syarat bagi saluran asing untuk mengudara di China dan permohonan izin untuk mengudara setahun lagi ditolak, tambahnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah