6 Manfaat Pentingnya Mendetox Diri dari Sosial Media

- 29 Januari 2022, 09:39 WIB
Pentingnya Detox sosial media untuk mengurangi pikiran negatif
Pentingnya Detox sosial media untuk mengurangi pikiran negatif /

EDITORNEWS.ID - Social media detox adalah suatu kondisi dimana seseorang memutuskan untuk membatasi dirinya berinteraksi melalui media sosialnya.

Salah satu contohnya dengan mulai mengurangi atau bahkan berhenti sepenuhnya membuka akun media sosial.

Suka muncul perasaan negatif seperti iri, resah, bahkan takut saat bermain media sosial atau bahkan suka insecure karena follower media sosiallmu sedikit lalu ditambah lagi suka kesal karena tidak ada yang memberi tanggapan pada setiap postinganmu, maka itu tandanya kamu harus segera melakukan social media detox.

Sebenarnya istilah social media detox terlahir dari pendahulunya digital detox. Dimana pengertiannya kurang lebih sama.

Baca Juga: Kronologi Sopir Transjakarta Selamatkan Wanita dari Aksi Bunuh Diri Hingga Mendapatkan Hadiah dan Penghargaan

Dilansir dari berbagai sumber, menurut penelitian, seseorang yang bermain media sosialnya punya resiko terkena gangguan kecemasan.

Bahkan sebagian para peneliti mengungkapkan bahwa bermain media sosial bisa menimbulkan efek seperti halnya penggunaan zat adiktif.

Ada 6 manfaat pentingnya mendetox diri dari sosial media :

1. Menghargai Diri Sendiri

Dengan mengurangi penggunaan media sosial otomatis kita melihat para pengguna sosial media lain yang memamerkan kesuksesan atau kemewahan hidupnya secara tidak sadar kita bisa terus membandingkan diri dengan orang tersebut dan membuat kita untuk sering tidak bersyukur atas nikmat dan rezeki yang ada.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah