Sejumlah Pahlawan Kesehatan Gugur Dalam Tugas Akibat Terinfeksi Covid-19

- 5 Desember 2020, 16:33 WIB
Ilustrasi Virus Corona atau Covid 19.
Ilustrasi Virus Corona atau Covid 19. / /Pixabay/mohamed_hassan

EDITORNEWS – Sebanyak 342 petugas medis gugur dalam tugas akibat terinfeksi Covid-19. Sangat dibutuhkan dukungan pemerintah dan pengelola fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kualitas perlengkapan pemeriksaan kesehatan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan sebanyak 342 petugas medis yang terdiri dari 192 dokter, 14 dokter gigi dan 136 perawat gugur dalam tugas akibat terinfeksi Covid-19.

Dr Eka Mulyana selaku perwakilan Divisi Advokasi dan Hubungan Eksternal Tim Mitigasi PB IDI mengatakan“Hingga 5 Desember 2020, sebanyak 342 petugas medis meninggal dunia,” dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu 05 Desember 2020.

Baca Juga: Kampanye Hari Terakhir, Menko Polhukam Ingatkan Paslon Tetap Patuhi Aturan

Terdiri dari 101 dokter umum (empat guru besar), dan 89 dokter spesialis (tujuh guru besar), serta dua residen yang keseluruhannya berasal dari 24 IDI Wilayah (Provinsi) dan 85 IDI Cabang (Kota dan Kabupaten)

"Kami berharap jangan mengorbankan keselamatan orang lain dengan ketidakpercayaan tersebut. Tingginya lonjakan pasien Covid-19 serta angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi peringatan kepada kita semua untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan (3M),” jelas dia.

Baca Juga: Pria Pengancam Habib Rizieq Merupakan Anggota Polres Pekalongan

Dengan mengabaikan protokol kesehatan, lanjut dia, maka tidak hanya mengorbankan keselamatan diri sendiri namun juga keluarga dan orang terdekat termasuk orang di sekitar. Pandemi Covid-19 akan berlalu dengan kerja sama seluruh pihak.

“Kami dari tim mitigasi PB IDI secara khusus juga mengingatkan kepada para teman sejawat tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk waspada dan tetap menjalankan SOP seperti dalam pedoman standar perlindungan dokter di saat melakukan pelayanan dan saat berada di keluarga dan komunitas,” imbuh dia.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x