Wajib Militer BTS Kembali Dibahas Saat Rapat di Komisi Pertahanan Nasional

- 8 September 2021, 17:48 WIB
 BTS
BTS /

EDITORNEWS  - Wajib militer adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri.

Dalam dunia militer Korea Selatan terdapat beberapa kategori yang dibebaskan dalam melaksanakan wajib militer diantaranya keadaan tubuh yang tidak sempuran (cacat), atlit dan musisi yang memenangkan penghargaan tingkat dunia, satu satunya tulang punggu keluarga dan lainnya.

Isu wajib militer memanas dalam ranah Kpop beberapa waktu kebelakang, BTS merupakan boygrup Korea Selatan yang sangat banyak prestasinya. Beberapa pakar mulai mengajukan agar BTS terbebas dari wajib militer.

Dilansir dari YTN, Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) mengungkapkan harapan mereka untuk meloloskan beberapa amandemen UU Dinas Militer yang diajukan oleh Yoon Sanghyun. Dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Usai Jadi Duta EXIT Agnez Mo Sandang Gelar Duta Jadi Negara

Komisi Pertahanan Nasional akan membahas mengenai beberapa hal diantaranya mengecualikan artis/seniman dan atlit populer yang diusulkan oleh Yoon Sanghyun pada bulan Juni lalu yang berarti pembahasan mengenai pembebasan wajib militer bagi member BTS akan diulas pertama kalinya pada pertemuan tersebut.

Pada laporan tersebut Komisi Pertahanan Nasional Korea menyatakan bahwa menetapkan standar baru mengenai pembebasan wajib militer yang penilaiannya dilakukan secara objektif serta indikator yang kurang dapat dipercayai oleh publik seperti olimpiade dan ajang olahraga lainnya.

Penetapan standard tersebut dapat pula menimbulkan adanya perluasan di cabang lain seperti penyanyi dan lain-lain.

Di sisi lain, baru-baru ini 'braking' atau B-Boy sedang menjadi trend terkenal, akan ada perwakilan Korea yang hadir dalam Asian Games di Hangzhou tahun depan, perwakilan Koreapun dianggap memiliki potensi tinggi untuk memenangkan medali sehingga dapat menimbulkan diskriminasi.

Baca Juga: Usai Jadi Duta EXIT Agnez Mo Sandang Gelar Duta Jadi Negara

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah