Smelter Nikel di Morowali Meledak, Puluhan Pekerja Jadi Korban

- 25 Desember 2023, 09:56 WIB
Tungku Smelter Morowali Meledak, Belasan Pekerja Tewas
Tungku Smelter Morowali Meledak, Belasan Pekerja Tewas /

EDITORNEWS.ID - Perestiwa meledaknya tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Minggu, 24 Desember 2023.

Akibat peristiwa ledakan tungku tersebut menyebabkan beberapa karyawan meninggal dunia dan sebagian luka-luka.

Ledakan hebat disebut terjadi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kecamatan Bahodopi, pagi hari ini.

Berdasarkan keterangan IMIP kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.30 WITA saat para pekerja melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat.

Baca Juga: Khusus Muslimah, Ini Jadwal Ustadzah Halimah Alaydrus Pada Selasa, 26 Desember 2023 di Bogor

"Berdasarkan Hasil investigasi awal, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan. Adapun di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku." Kata Dedy

Ditambahkan, akibat ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak," tutur Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan dalam keterangannya kepada media.

Regu pemadam berhasil melakukan pemadaman tungku sekira pada pukul 09.10 WITA. Pekerja yang menjadi korban kecelakaan telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP.

Dari laporan yang diterima untuk sementara IMIP mengungkapkan jumlah saat ini sebanyak 51 orang. Sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri dari 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja asing.

Baca Juga: Microsoft Hentikan Fitur ‘Realitas Campuran’ Windows

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x