Tanggal 16 Desember 2023 Hari Apa? Ini 3 Peringatan Penting yang Jatuh Hari Ini

- 17 Desember 2023, 09:09 WIB
Ilustrasi tanggal 16 Desember	 memperingati hari apa. /freepik.com/freepik
Ilustrasi tanggal 16 Desember memperingati hari apa. /freepik.com/freepik /

EDITORNEWS.ID - Hari ini, tanggal 16 Desember 2023, diperingati sebagai hari penting bagi berbagai kalangan di seluruh dunia. Salah satunya di Indonesia, umat Hindu Bali merayakan Hari Raya Saraswati.

Selain peringatan Hari Raya Saraswati, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut adalah beberapa peringatan yang jatuh pada 16 Desember 2023.

Hari Raya Saraswati

Hari Raya Saraswati adalah hari raya agama Hindu yang dirayakan oleh umat Hindu di Bali. Hari raya ini diperingati setiap enam bulan sekali, tepatnya pada hari Sabtu Umanis Wuku Watugunung.

Pada hari ini, umat Hindu Bali akan melaksanakan berbagai ritual keagamaan, seperti sembahyang ke pura, menghaturkan pujawali, dan mebanten. Selain itu, masyarakat Bali juga akan mengenakan pakaian adat dan menghias rumah dengan berbagai ornamen khas Hari Raya Saraswati.

Baca Juga: Apa Itu Cyberbullying: Pengertian, Jenis, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Hari Kemerdekaan Kazakhstan

Hari Kemerdekaan Kazakhstan diperingati setiap tanggal 16 Desember untuk memperingati deklarasi kemerdekaan negara tersebut dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Pada hari ini, masyarakat Kazakhstan akan melaksanakan berbagai perayaan, seperti pawai, pertunjukan seni dan budaya, serta pesta rakyat. Selain itu, pemerintah Kazakhstan juga akan menggelar berbagai acara khusus, seperti upacara pengibaran bendera nasional dan pidato kenegaraan.

Kazakhstan adalah negara terbesar di Asia Tengah dengan total luas wilayah 2,72 juta kilometer persegi. Negara ini memiliki populasi sekitar 19 juta jiwa dan mayoritas penduduknya beragama Islam.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x