Perdana, Kekayaan Miliarder Amerika Serikat Menanjak Sejak Pandemi Covid-19 Dimulai

- 10 Desember 2020, 11:21 WIB
Gambar Sampul Laporan ‘Kekayaan Miliarder versus Kesehatan Masyarakat’
Gambar Sampul Laporan ‘Kekayaan Miliarder versus Kesehatan Masyarakat’ /Foto: Inequality /

EDITORNEWS - Kekayaan miliarder Amerika Serikat (AS) meningkat lebih dari 1 triliun dolar AS sejak dimulainya pandemi virus corona diungkapkan oleh sebuah penelitian.

"Belum pernah Amerika melihat akumulasi kekayaan seperti itu di beberapa pemilik," kata Frank Clemente, direktur eksekutif ATF. 

Seperti dikutip EditorNews.Pikiran-rakyat.com dari AFP "Kekayaan kolektif 651 miliarder di AS melonjak dari 2,95 triliun pada 18 Maret menjadi 4,01 triliun dolar pada Senin, 8 Desember 2020," , kata Institute for Policy Studies dan American for Tax Fairness (ATF).

Baca Juga: Menko Luhut-Erick Jajaki Kerjasama Investasi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi

Dia mencatat bahwa keuntungan tersebut melebihi paket bantuan yang sedang dipertimbangkan oleh Kongres AS.

"Keuntungan pandemi mereka begitu besar sehingga miliarder Amerika dapat membayar tagihan bantuan Covid yang besar dan masih tidak kehilangan sepeser pun dari kekayaan pra-virus mereka," ujar Clemente.

Baca Juga: WhatsApp Business Rilis Fitur Kece Keranjang Belanja

Penelitian tersebut menambah perdebatan sengit di Amerika Serikat tentang pemberian pajak pada orang kaya lebih banyak untuk mempersempit ketidaksetaraan yang terus tumbuh.

Misalnya, Alexandria Ocasio-Cortez, bintang yang sedang naik daun di sayap kiri Partai Demokrat, dia mendorong pajak yang lebih tinggi di New York, karena seperti banyak negara bagian menghadapi krisis anggaran akibat pandemi.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah