Angin Segar, Penambang Emas dan Minyak Tradisional di Jambi Akan Dilakukan Secara legal

- 10 April 2021, 20:48 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah) /

EDITORNEWS - Dalam kunjungan pelantikan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi terpilih M.Guntur yang diadakan di hotel Bw Luxury Jambi, Sabtu,10 April 2021 pukul,10;30 WIB.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bansoet, juga membahasa masalah penambangan emas dan minyak tradisional yang marak di Provinsi Jambi.

Dia juga akan mendorong  pemerintah pusat dan pemerintah daerah membuat peraturan khusus untuk menyelesaikan aktivitas penambang emas dan minyak tradisional oleh masyarakat Jambi dan sekitarnya yang dilakukan secara legal.

Selain itu hadir Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Danrem Jambi Brigjen TNI M.Zulkifli Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto dan Bupati Sarolangun Cek Endra.

Baca Juga: Gempa Guncang Surabaya Titik Gempa Berada Di Laut Malang

Baca Juga: Penantian Selama 5 Hari, Akhirnya Segel Kantor Grab Dibuka Setelah Bertemu Pihak Manajemen Pusat

Di satu sisi, aktifitas penambangan ilegal tersebut telah menjadi mata pencaharian masyarakat. Di sisi lain, karena penambangan dilakukan secara ilegal tanpa memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan, justru bisa membahayakan keselamatan nyawa penambang dan masyarakat di sekitarnya. 

"Lantaran sepanjang April 2021, Polda Jambi telah menutup lebih dari 300 sumur minyak tanpa izin. Data Polda Jambi mencatat setidaknya terdapat 1.000 sumur minyak ilegal yang tersebar di Desa Bungku dan Desa Pompa Air, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Sumur minyak illegal bahkan merusak kawasan taman hutan rakyat di Kabupaten Batanghari. Aktivitas penambang ilegal seperti ini sulit diberantas, karena menyangkut mata pencaharian warga.

Solusi terbaik adalah dengan melakukan pemberdayaan terhadap para penambang, ilegal tersebut" ujar Bamsoet usai bertemu Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Calon Gubernur Jambi yang diusung Partai Golkar-PDIP Cek Hendra, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Danrem dan para tokoh masyarakat di Jambi. 

Baca Juga: Peserta Lulus Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional Perwakilan Provinsi Jambi

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x