Wajib Tahu Limbah Masker Jangan Dibuang Sembarangan, Simak Ulasannya

- 19 Februari 2021, 16:49 WIB
PEMUSNAHAN limbah medis.*
PEMUSNAHAN limbah medis.* /humas java medivest/

EDITORNEWS - Beraktivitas di luar rumah harus mengenakan masker, hal ini sesuai dengan aturan protokol kesehatan saat ini. Dengan mengenakan masker diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19.

Berbagai jenis masker banyak kita jumpai, dan hampir semua gerai waralaba menyediakan atau menjual berbagai jenis masker ini.

Ada masker yang memang dibuat dari bahan kain yang bisa digunakan untuk beberapa kali pakai setelah dicuci. Dan banyak juga terdapat masker medis sekali pakai.

Baca Juga: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo: untuk Milenial jika Ingin Punya Uang Bertanilah

Baca Juga: Simak Siaran Latihan Fisik bagi Penderita Hipertensi Dini Hari di Radio Kesehatan

Penggunaan masker sekali pakai selain lebih murah juga praktis. Namun ada hal yang juga harus diperhatikan ketika menggunakan masker ini, baik masker kain maupun sekali pakai.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan disinfeksi terhadap masker sekali pakai dan dibuang ke tempat sampah khusus.

Hal ini dikarenakan terdapat potensi infeksius yang dapat menularkan penyakit kepada orang lain.

"Masker kita gunakan untuk mencegah supaya kita tidak menularkan kepada orang lain, tetapi masker punya potensi untuk menularkan apabila kita membuang masker bekas pakai ke tempat sampah dan bahkan ke tempat yang tidak ada pengamannya," kata Ketua Subbidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas  Covid-19 Dr. dr. Lia G. Partakusuma dalam diskusi di Graha BNPB, yang dipantau di Jakarta, Jumat 19 Februari 2021.

Ia mengatakan baik masker medis sekali pakai maupun masker biasa harus melewati proses pencucian dengan detergen atau disinfektan untuk menghilangkan virus.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x