Gaungkan Tagar #percumalaporpolisi, Istri Polisi Dibekuk Atas Pencemaran Nama Baik

- 7 Maret 2023, 21:44 WIB
Ernawati Haji Bakkarang
Ernawati Haji Bakkarang /

EDITORNEWS.ID - Ernawati, istri polisi yang menggaungkan tagar #percumalaporpolisi di media sosial berakhir dibekuk oleh aparat kepolisian. Ibu anggota Bhayangkari di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini ditangkap di Jakarta pada Minggu, 5 Maret 2023.

Penangkapan Ernawati dipicu oleh aksinya yang kerap mengampanyekan hastag #percumalaporpolisi di Facebook dan TikTok. Alasannya adalah mencari keadilan atas kematian kakak laki-lakinya, Kaharuddin yang tewas ditembak polisi. Ernawati sudah menuntut keadilan ini sejak Februari 2020, bahkan ia sempat diundang di acara Mata Najwa untuk buka suara pada Oktober 2021.

Tak kunjung mendapat keadilan yang diharapkan, Ernawati mulai menggiatkan konten bertagar #percumalaporpolisi di TikTok sampai unggahan tersebut viral. Ernawati menambahkan narasi jika sang kakak meninggal usai anggota Polres Sinjai menyiksanya.

"'Ini para jagoan Polres Sinjai, karena abangku menumbang mereka dan mereka siksa dan bunuh'," ucap Direktur Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Helmi Kwarta saat jumpa pers, Senin 6 Maret 2023.

Baca Juga: Stephen Curry II kembali ke Barisan Setelah Melewatkan 11 pertandingan

Ernawati memajang tiga potret polisi yang ia yakini sebagai biang kematian Kaharuddin, sang kakak laki-laki. Tak terima nama mereka dicemarkan, maka tiga polisi yang dituduh sebagai pembunuh melaporkan balik Ernawati atas pencemaran nama baik. Mereka bernama Sangkala, Kamaruddin, dan Andi Mapparumpa.

"Yang bersangkutan ini sudah sering kali memposting di media sosial dengan menampilkan foto ketiga anggota itu. Tersangka juga sering membuat caption seakan merekalah pembunuhnya dan juga menampilkan tagar #percumalaporpolisi," terang Helmi.

Rupanya, Ernawati juga sering mengunggah postingan yang semakin menyudutkan aparat kepolisian. Kombes Pol Helmi Kwarta menyebutkan Ernawati diduga mencari keuntungan pribadi dan tidak murni mencari keadilan semata.

"18 Februari 2023 Ernawati masih memposting hal yang sama dengan narasi yang lebih mengarah ke ujaran kebencian terhadap polisi,” ungkap Helmy.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x