Jangan Langsung Buang Tutup Kaleng Cat, Bisa Dirubah Menjadi Kompor! Anak Kos Wajib Tahu

- 5 Februari 2023, 23:07 WIB
Tutup kaleng Cat
Tutup kaleng Cat /

EDITORNEWS.ID – Cat adalah bahan cair kental yang dibuat sebagai pewarna untuk mewarnai suatu permukaan kayu, logam, dan dinding yang berfungsi sebagai lapisan pelindung atau dekorasi. Cat memiliki beberapa macam kemasan, kemasan yang akan digunakan untuk kompor haruslah berbahan dari besi atau kaleng.

Kebanyakan orang setelah menggunakan cat, langsung dibuang sebab hal tersebut dinilai menjadi sampah. Mulai sekarang jangan langsung dibuang tutup kaleng catnya, sebab bisa dirubah menjadi kompor yang ekonomis.

Bagi anak kos informasi ini sangatlah berguna, sebab anak kos jauh dari orang tua dan mempunyai uang saku yang biasanya pas-pasan. Untuk meminimalisir pengeluaran terkait kebutuhan makan, hal ini bisa digunakan agar tidak makan di warung setiap harinya.

Ketika uang saku mulai tipis dan ingin menghemat biaya makan, yang perlu dicari pertama adalah tutup kaleng cat. Kemudian melengkapi bahan pendukung untuk membuat kompor, yaitu kapas, minyak bekas, kardus, dan tungku kompor. Untuk tungku kompor bisa dibeli di toko online dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Game Grand Theft Auto 6 (GTA) Segera Hadir, Kabar Gembira Bagi Pecinta Game

Sebelumnya cara ini telah dibuat dan dipraktekan di Tiktok dengan nama akun @dejavu3711. Berikut penjelasan terkait tata cara pembuatan kompor yang telah dipraktekan oleh akun terebut.

Pertama, cari tutup kaleng cat yang berukuran sedang, kemudian lapisi menggunakan kapas mengikuti lingkaran tutup kalengnya. Usahakan menata kapasnya dengan rapi dan beri ruang kosong di tengah-tengahnya.

Kedua, tuang minyak bekas di bagian tengah kaleng dan tunggu sampai minyaknya diserap oleh tisu. Apabila minyaknya terserap habis tuang sedikit minyak lagi di bagian tengahnya.

Ketiga, letakkan tungku kompor di atas kaleng cat yang sudah diberi minyak. Usahakan tungku kompor terpasang secara presisi dan kuat. Kemudian, lapisi bagian bawah tutup kaleng cat dengan kardus agar bagian bawah tidak terlalu panas.

Baca Juga: Tanda Tangan Digital vs Elektronik, Apa Perbedaannya?

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x