Ini Dia 5 Kemampuan yang Harus Kamu Miliki di Era Digital

- 20 Juni 2022, 07:01 WIB
Era Digital
Era Digital /

EDITORNEWS.ID - Peningkatan kemampuan harus dilakukan secara berkala agar kualitas diri semakin meningkat. Namun, kemampuan yang ditingkatkan juga perlu merujuk pada perkembangan yang ada. Melihat pesatnya perkembangan dunia digital, kemampuan tentang teknologi menjadi salah satu hal utama yang harus ditingkatkan untuk mendukung diri terus bertumbuh dan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman.

Pemahaman tentang dunia teknologi sering disebut juga dengan kemampuan digital atau literasi digital. Menurut Deakin University’s Graduate Learning Outcome 3, literasi digital adalah upaya memanfaatkan teknologi dalam menemukan, menggunakan, dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital seperti saat ini. Kemampuan memahami serta menggunakan diperlukan agar individu dapat bersaing di era revolusi industri 4.0.

Lantas, apa saja kemampuan yang paling dibutuhkan di era digital ini? Ternyata beberapa kemampuan tersebut antara lain kemampuan design ui/ux, Devops, programming, digital marketing, dan social media management. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya.

Kemampuan Design UI/UX

Meskipun saling berkaitan, tetapi UI dan UX memiliki pengertian serta tugas yang berbeda. Secara sederhana, UI (User Interface) lebih memprioritaskan pada aspek tampilan sebuah website atau aplikasi. Segala aspek yang diperhatikan mencakup visual yang akan dilihat oleh user baik dari sisi warna, tombol, layout, hingga tipografi. Sedangkan UX (User Experience) berfokus kepada kepuasan user dalam mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat mengakses dan menggunakan website atau sebuah aplikasi.

Baca Juga: Ini Dia 5 Kemampuan yang Harus Kamu Miliki di Era Digital

Untuk menjadi seorang UI/UX Designer, kamu harus dapat melakukan riset dan memiliki kemampuan analisis. Selain itu, mampu melakukan visualisasi hasil analisis yang didapat dari riset, dapat menampilkan interface dengan keseragaman yang baik, dan melakukan iterasi pada desain website atau aplikasi dengan memanfaatkan saran serta masukan dari user. Seorang UI/UX designer yang baik akan mampu meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan.

Kemampuan DevOps

DevOps merupakan singkatan dari development dan operations. Secara umum, DevOps dapat didefinisikan sebagai gabungan dari pengembangan/development (Dev) dan operations (Ops) yang menyatukan orang, proses, dan teknologi untuk terus-menerus memberikan nilai kepada pelanggan. Seorang DevOps berfungsi untuk menjembatani antara bagian development dan operations agar siklus pengembangan informasi atau sebuah aplikasi dapat berjalan lebih cepat dan minim bug.

Seorang DevOps perlu menguasai soft skill dan hard skill yang dapat menunjang pekerjaannya agar tugas dan tanggung jawabnya dapat berjalan dengan baik. Soft skill yang harus dimiliki adalah mengutamakan pengguna, memiliki integritas, memiliki keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan, memiliki sikap kritis terhadap aplikasi yang dikembangkannya, dan tentunya harus peka terhadap perkembangan teknologi yang ada. Tak hanya soft skill, dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah aplikasi, DevOps harus mengenal dan menguasai Cloud, memiliki kemampuan automation, kemampuan coding dan scripting, serta memiliki pengetahuan software security.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x