Ini Dia Cordyceps, Jamur Zombie yang Jadi Inspirasi ‘The Last of Us’

- 20 Januari 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi jamur ajaib
Ilustrasi jamur ajaib /

EDITORNEWS.ID – Serial adaptasi video game ‘The Last of Us’ sedang jadi topik perbincangan publik. Serial yang perdana tayang pada 15 Januari 2023 lalu sudah ditonton lebih dari 4 juta kali.

Serial yang diadaptasi dari game eksklusif PlayStation itu bercerita tentang kisah mutasi jenis jamur yang menempel pada otak manusia. Jamur tersebut mampu mengubah orang menjadi zombie yang haus darah dan dapat berlari cepat, berbeda dari zombie lain, yang biasanya bergerak lambat.

Lantas apa sebenarnya jamur berbahaya yang ada di serial tersebut? Jenis jamur yang ada di The Last of Us mengambil inspirasi dari Cordyceps.

Cordyceps merupakan sejenis jamur parasit yang jumlahnya mencapai 400 spesies. Namun jenis tertentu yang menjadi fokus di The Last Of Us adalah Ophiocordyceps Unilateralis, yang juga dikenal sebagai Jamur Semut Zombie.

Baca Juga: Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora Kedapatan Datangi Kantor Polisi

Dilansir dari Esquire, jamur zombie pertama kali ditemukan di ekosistem hutan tropis oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1859. Namun sebuah fosil daun dengan tanda rahang semut ini ternyata telah berumur 48 juta tahun.

Dalam game The Last of Us, Cordyceps bermutasi menjadi wabah mirip virus dan menular ke manusia melalui tanaman yang terinfeksi. Beberapa bulan kemudian, 60% planet ini telah luluh lantah akibat virus yang disebabkan oleh CBI (Cordyceps Brain Infection).

Mirip dengan semut, jamur tumbuh di inang, mengambil alih otaknya melalui empat tahap. Efeknya , membuat orang seperti zombie yang hanya bertekad membunuh orang lain untuk menyebarkan jamur.

Pembuat game The Last Of Us sebelumnya telah mengungkapkan bahwa mereka terinspirasi oleh alam saat menonton Planet Earth garapan David Attenborough, yang menjelaskan tentang spora pembunuh ini.

Baca Juga: Pegawai SPBU Disebut Mirip Ariel NOAH, Ini Sosoknya

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x