Waktu yang Tepat Untuk Menunaikan Shalat Malam Lailatul Qadar

- 8 April 2023, 22:14 WIB
Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang agung bagi umat muslim karena ada begitu banyak keistimewaan, salah satunya turunnya para Malaikat atas seizin Allah untuk mengaminkan doa orang yang beribadah di malam tersebut.

Selain itu, perlu diketahui bahwa malam Lailatul Qadar yang terjadi di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan, atau  sepertiga terakhir bulan Ramadhan adalah saat-saat yang penuh dengan kebaikan dan keutamaan serta pahala yang melimpah.

Ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan untuk menyambut malam Lailtul Qadar atau malam seribu bulan, salah satunya adalah menjalankan sholat Lailtul Qadar.

Sholat Lailatul Qadar dapat dikerjakan pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Baca Juga: April Mop! Ini Dia Penjelasan, Maksud dan Awal Mulanya

Bisa dilaksanakan setelah sholat ttarawih atau ketika dini hari sama seperti melaksanakan sholat tahajud, adapun waktunya ialah jam 20.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB atau menjelang waktu Imsak.

Sholat lailatul Qadar dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat 1 kali salam. Bisa juga dilakukan sebanyak 4 rakaat 1 kali salam tanpa tasyahud awal dan maksimal dilakukan sampai 12 rakaat.

"Rentang malam Lailatul Qadar dari Alquran disebutkan malam yang panjang atau 1/3 malam diperintahkan untuk bangkit beribadah, jangan tidur," kata Ustadz Ahmad Susilo. 

Sementara itu, dalam sebuah literasi disebutkan bahwa Rasulullah menyebutkan di malam 25, 27, 29 Ramadan jangan sampai diabaikan, untuk memperbanyak bertasbih, berzikir, baca Al-Quran.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x