Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Tips Bisa Rutin Salat Tarawih di Masjid Agar Tidak Capek

- 8 Maret 2023, 18:23 WIB
 Rutin ikut salat tarawih di masjid selama bulan puasa Ramadhan
Rutin ikut salat tarawih di masjid selama bulan puasa Ramadhan /

EDITORNEWS.ID - Bulan Suci Ramadhan hanya tinggal menghitung hari saja, untuk itu menyempurnakan ibadah puasa adalah dambaan bagi umat muslim diseluruh dunia yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan. Salah satunya dengan menjalankan salat tarawih selama tiga puluh hari penuh di masjid.

Namun sayangnya tidaklah semudah itu. Di awal-awal mungkin niat masih menggebu dan rajin datang ke masjid setiap hari. Lama-kelamaan niat itu perlahan menurun hingga pada akhirnya hanya datang ke masjid beberapa hari sekali saja. Alasannya pun macam-macam. Entah karena malas, ada urusan mendadak ataupun gara-gara kondisi kesehatan tidak mendukung, juga kecapekan.

Berikut ini ada tips menunaikan ibadah shalat tarawih agar lebih khusyu', tidak mudah mengantuk dan tidak mudah capek.

1. Minum Air Putih yang Banyak

Pada saat menjalankan ibadah puasa, tentu tubuh Anda akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Tentu saja, hal tersebut dapat menyebabkan Anda menjadi mudah lelah. Oleh karena itu, sebaiknya pada saat Anda berbuka puasa minumlah air putih yang cukup. Sebab, cairan tersebut dapat membuat tubuh Anda kembali segar dan pada saat Anda akan shalat tarawih nantinya tidak akan mudah lelah dan mengantuk.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2023: Jadwal dan 7 Amalan Lengkap dengan Keutamaannya

2. Makan Setelah Shalat Tarawih

Jika sedang berbuka puasa, sebaiknya Anda memakan makanan ringan terlebih dahulu. Sebab, jika Anda memakan makanan yang berat dahulu, maka tubuh Anda akan menjadi lelah dan letih karena kekenyangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan ringan seperti kurma dan buah-buahan. Hal tersebut dilakukan agar pada saat akan menunaikan ibadah sholat magrib, isya' dan tarawih, tubuh nantinya tidak akan cepat lelah dan letih.

3. Berwudhu kembali Jika Mengantuk dan Lelah

Ketika Anda sedang shalat Tarawih, tiba-tiba mata Anda pun mengantuk, maka sebaiknya Anda bisa berwudhu lagi. Hal tersebut karena air yang membasuh muka Anda akan membuat wajah kembali segar dan pastinya Anda akan siap untuk sholat Tarawih lagi. Dengan berwudhu, tentu akan membuat Anda lebih khusyuk lagi saat akan menjalankan shalat tarawih.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x