Konsisten! Golkar Tetap Kukuh Airlangga Hartarto Sebagai Capres

- 4 Juni 2023, 20:08 WIB
Keluarga besar Partai Golkar
Keluarga besar Partai Golkar /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Salah satu poin penting yang disepakati dalam Rakernas Partai Golkar yang digelar pada Minggu (4/6) adalah memberikan mandat kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk menetapkan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Keputusan itu disampaikan Airlangga Hartarto dalam konferensi pers pada Minggu sore. Dia mengungkapkan, dirinya selaku ketua umum diberikan mandat untuk segera menetapkan cawapres mendampingi dirinya dalam pemilu 2024 mendatang.

"Yang pertama untuk pilpres diberikan mandat kepada ketua umum untuk menetapkan capres dan cawapres," katanya.

Selain itu, ketua umum diminta segera membentuk koalisi bersama Golkar agar bisa memenuhi kuota 20 persen presidensial treshold, syarat untuk mengusung capres dan cawapres.

Baca Juga: Komisi II DPR Endus Rekrutmen KPU-Bawaslu di Daerah Secara Transaksional

Airlangga Hartarto meminta agar penetapan bakal calon anggota legislatif yang sebelumnya menggunakan sistem alfabetis segera menggunakan sistem nomor urut.

"Terkait dengan pemilu, partai Golkar yang bakal calon anggota legislatif masih alfabetis, pada waktunya untuk dijadikan nomor urut berdasarkan PDLT (prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela). Itu kirteria yang diminta," ujarnya.

Hasil rekernas lainnya adalah pemenuhan kuota 30 persen perempuan. "Dan kepada caleg wanita diberi kemudahan-kemudahan pada kampanye nanti," paparnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, Airlangga menyebutkan bahwa mandat yang diberikan kepadanya sesuai dengan munas dan rapimnas Partai Golkar yang digelar sebelumnya.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x