Karena Dijodohkan: Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Semakin Mesra Menuju 2024

- 23 Maret 2023, 21:18 WIB
Presiden Jokowi telah berperan sebagai kingmaker
Presiden Jokowi telah berperan sebagai kingmaker /

EDITORNEWS.ID - Presiden Jokowi telah berperan sebagai kingmaker, ia berusaha mempengaruhi perburuan penggantinya untuk memastikan bahwa warisannya berlanjut melewati tahun 2024, ketika masa jabatan kedua dan terakhirnya berakhir.

Jokowi telah mengkonfirmasi bahwa pertemuannya Sabtu lalu, 18 Maret 2023, dengan ibu pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), di mana untuk membahas pemilihan presiden tahun depan, dan bahwa dia juga memberi tahu tentang kandidat pilihannya.

"Saya memberikan pandangan saya kepada mereka, dari angka-angka yang kami miliki, dan dari data yang kami miliki," katanya kepada wartawan pada hari Senin, 20 Maret 2023, selama sebuah acara di Kementerian Keuangan.

Sementara Presiden menolak menyebutkan nama, mengutip dari sumber Istana Negara yang mengatakan bahwa Jokowi telah mengusulkan Ganjar dan Prabowo sebagai pasangan calon PDI-P.

Kedua tokoh tersebut memimpin jajak pendapat publik, dan juga dinilai mampu melanjutkan program-program unggulan Presiden.

Baca Juga: Indonesia Mengutuk Keras Israel dan Terus Secara Konsisten Mendukung Perjuangan Rakyat Palestina

Sekretaris jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, loyalis lama Megawati, mengatakan pada hari Senin, 20 Maret 2023, bahwa Presiden telah menggarisbawahi keprihatinannya atas umur panjang warisannya.

Dia menambahkan bahwa selama pertemuan tiga jam tersebut, Jokowi dan Megawati telah "mencapai pemahaman yang sama" tentang siapa yang harus dicalonkan partai.

Pernyataan Hasto telah ditafsirkan sebagai indikasi bahwa Megawati, yang diperkirakan akan mengumumkan pemilihan presidennya pada bulan Juni, mungkin telah menyadari bahwa mencalonkan Ganjar adalah satu-satunya cara untuk memenangkan pemilihan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x