Erick Thohir Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan oleh Universitas Brawijaya

- 3 Maret 2023, 23:15 WIB
Ketua PSSI terpilih, Erick Thohir dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya (UB) Malang
Ketua PSSI terpilih, Erick Thohir dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya (UB) Malang /

EDITORNEWS.ID - Universitas Brawijaya (UB) Malang menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau doktor honoris causa kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Gelar kehormatan itu diberikan pada Bidang Manajemen Strategis. Penganugerahan ini dilakukan di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, pada Jumat 3 Maret 2023.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB Abdul Ghofar memastikan penganugerahan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa telah melalui tahapan akademik yang ketat dan berjenjang. Ia mengungkapkan bahwa proses ini juga sudah berlangsung selama kurang lebih 1,5 tahun. Pihak UB memandang Erick telah memiliki pemikiran yang out of the box dan melintasi berbagai disiplin ilmu.

“Pak Erick bagi kami adalah figur perubahan transformasi yang terus bergerak terus dalam berbagai keadaan meskipun sulit sekali pun,” kata Ghofar dalam penganugerahan gelar Doktor Kehormatan HC kepada Erick Thohir di UB, Malang, Jawa Timur, Jumat 3 Maret 2023.

Dalam Orasi Ilmiahnya di hadapan senat akademik dan para guru besar Universitas Brawijaya, Erick mengungkapkan bahwa transformasi tidak dapat hanya diterapkan sekali-kali atau sekali selesai lalu dilupakan.

Baca Juga: Dampak Negatif Dari Anak Masuk Jam 05.30 Pagi Menurut Kementerian PPPA

Menurutnya transformasi harus terus dilakukan karena dinamika perubahan dan tantangan akan selalu bergulir hingga akhir hayat negeri ini. Oleh karena itu, Erick menegaskan bahwa hal terpenting yang perlu dilakukan adalah transformasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Dikatakan, transformasi BUMN haruslah beyond corporate dan tidak tergantung pada siapa yang menjabat sebagai menteri BUMN. Dia menambahkan, BUMN memiliki dua fungsi vital bagi Indonesia, yaitu sebagai benteng ekonomi nasional sekaligus sebagai lokomotif ekonomi nasional.

"Sebuah negara yang berhasil adalah negara yang menyelenggarakan transformasi melalui lokomotif ekonominya, dimulai dari penyempurnaan sumber dayanya, baik manusia, alam, maupun teknologi," tutur Erick.

Strategi transformasi BUMN Indonesia harus mampu menjadikan BUMN bukan saja pelaku bisnis berkelas dunia, tetapi juga pelaku bisnis dunia. Menjadi pemain global yang memiliki penguasaan, jangkauan bisnis, dan pengelolaan melampaui batas-batas negara Indonesia.

Baca Juga: Tanggapan Ketua Komisi X DPR RI Soal Kebijakan Sekolah Masuk Jam 05.30 Pagi Di NTT

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x