Pro Kontra Aturan Masuk Sekolah Pukul 5 WITA Bagi Siswa SMA dan SMK di NTT

- 28 Februari 2023, 14:26 WIB
Menerapkan aturan masuk sekolah pukul 5 WITA.
Menerapkan aturan masuk sekolah pukul 5 WITA. /

EDITORNEWS.ID - Berdasarkan video TikTok akun @bento_1708 yang diunggah pada Selasa, 28 Februari 2023, menampilkan sejumlah siswa dan guru SMA Negeri 5 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mulai menerapkan aturan masuk sekolah pukul 5 WITA.

Video yang sudah di toton sebanyak 998.6K itu menampilkan suasana sekolah yang masih lumayan gelap namun sejumlah siswa dan guru tampak berseragam rapi layaknya jam normal aktivitas belajar siswa. Bahkan guru dan siswa tersebut juga tampak melakukan apel pagi.

Diketahui aturan masuk sekolah pukul 5 WITA ini berdasarkan kebijakan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, yang meminta agar aktivitas sekolah khusus bagi SMA-SMK dimulai sejak pukul 5 WITA. Alasanya yakni untuk meningkatkan etos kerja anak-anak SMA dan SMK.

Namun kebijakan yang diumumkan pada Kamis (23/2) tersebut mengundang pro kontra dari beberapa kalangan.

Baca Juga: Grace Tahir Parodikan Gaya Anak Motor Mewah, Ditengah Hot Isu Pembubaran Klub Motor Moge Petinggi Pajak

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo, mendesak agar rencana kebijakan gubernur tersebut dibatalkan karena berpotensi membahayakan tumbuh kembang anak.

"Mendorong pemerintah Provinsi NTT mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut karena sangat membahayakan tumbuh kembang anak, sebaiknya dibatalkan karena tidak berpihak pada kepentingan terbaik bagi anak," kata Heru.

Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT untuk kembali mengkaji ulang kebijakan tersebut.

"Setelah saya mendapatkan potongan video berisi soal kebijakan tersebut yang disampaikan oleh Pak Gubernur, saya meminta agar kebijakan itu mohon didiskusikan kembali dengan komite sekolah dan para orang tua,"ujarnnya.

Baca Juga: Trending Lagi, Kali Ini Jerome Polin Minta Maaf

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x