Pelajar Asal Indonesia Terbitkan Buku di Singapura yang Membahas Ragam Burung Singapura

- 12 Februari 2023, 22:09 WIB
PARA pemotret burung liar
PARA pemotret burung liar /

EDITORNEWS.ID – Pelajar asal Indonesia bernama Ellena Gabrielle, berhasil menerbitkan buku mengenai burung di Singapura. Buku dengan judul “Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk” ditulis menggunakan bahasa Inggris yang berisi ulasan 20 jenis burung yang ada di Singapura.

Idenya berawal dari tugas sekolah berupa proyek Creativity Action and Sevice (CAS) dan kecintaannya terhadap burung. Proyek CAS sendiri adalah tugas sekolah yang menggunakan Kurikulum IB Diploma minimal 150 jam dalam 1,5 tahun.

Ellena menceritakan salah satu kegiatan untuk tugas tersebut adalah dengan mengamati setiap jenis burung yang ada di puluhan taman di alam liar atau habitat aslinya. Hal itu dilakukannya pada saat pandemi Covid-19 dengan mengamati setiap burung yang memakan waktu 3-4 jam.

“Setiap kali dilakukan pengamatan burung ini memakan waktu 3-4 jam dan berjalan beribu langkah sehingga semua aspek terpenuhi untuk melakukan pengamatan burung,” kata Ellena.

Baca Juga: Berharap Kerja Kantoran, Wanita Cantik Lulusan UGM ini Justru Bekerja di Tempat Sampah

Uniknya Ellena tidak hanya menjadi penulis dalam bukunya, namun ia juga menggambar sendiri berbagai jenis burung yang ada di dalam bukunya. Ellena menceritakan bahwa setelah mengamati burung yang ada di taman, ia menggambar dan mewarnainya sendiri.

Ellena menggunakan pendekatan bercerita dalam metode penulisannya dengan sudut pandang seorang remaja berusia 18 tahun. Harapannya semua anak remaja maupun siapa pun bisa menjadi suka membaca. Setiap halamannya terdapat emosi membangun yang diberikan baik dari tulisan maupun gambar yang hidup.

Buku tersebut merupakan panduan komprehensif untuk berbagai spesies burung yang ditemukan di Singapura, dengan fokus terhadap karakteristik, perilaku, makanan, dan habitat unik para burung. Pengalaman pribadi penulis saat berinterasksi dengan burung-burung juga diceritakan dalam bukunya.

Ia berharap melalui bukunya tersebut, pembaca dapat menghargai dan merawat burung. Sebagian keuntungan penjualannya akan didistribusikan untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Ia juga berencana akan membuat buku terkait kehidupan burung di Indonesia.

Baca Juga: Sekolah di Kudus Gelar Kompetisi E-Sport Mobile Legend Walau Masih Pro dan Kontra Antar Orang Tua

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x