10 Aturan Komunikasi Yang Baik Menurut Buku “Bicara Itu Ada Seninya”

- 6 Februari 2023, 21:43 WIB
Bicara Itu Ad Seninya
Bicara Itu Ad Seninya /

EDITORNEWS.ID – Bicara Itu Ada Seninya merupakan buku yang ditulis Oh Suh Yang. Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan berhasil terjual sebanyak ribuan copy. Buku ini berisi aturan tentang berkomunikasi.
Aturan komunikasi yang baik ini diciptakan oleh Yoo Jae Suk, seorang pembawa acara hebat asal Korea Selatan berdasarkan pengalamannya di dunia siaran.

Aturan Komunikasi yang Baik

1. Kata-kata yang tidak bisa diucapkan di depan jangan diucapkan di belakang

Aturan yang pertama dalam komunikasi adalah tidak boleh bergunjing. Kata-kata hinaan, kata-kata kasar, dan kata-kata yang tidak sopan dan tidak layak diucapkan jangan pernah sesekali diucapkan. Tidak ada hal yang baik dari menghina seseorang.

2. Memonopoli pembicaraan akan memperbanyak musuh

Aturan komunikasi yang kedua mengartikan bahwa seseorang harus lebih banyak mendengar dan sedikit berbicara. Seseorang akan terkesen egois jika tidak mempersilakan lawa bicaranya untuk bercerita.

3. Semakin tinggi intonasi suara maka akan semakin terdistorsi

Selanjutnya, aturan yang ketiga yaitu tidak boleh berbicara menggunakan intonasi yang tinggi. Hal ini karena semakin tinggi intonasi suara maka akan semakin terdistorsi. Jangan menggebu-gebu dalam berbicara. Suara yang rendah justru memiliki daya.

Baca Juga: Pemerintah Membuka Beasiswa LPDP, Catat Tanggal Pentingnya!

4. Berkata yang menenangkan hati bukan sekedar enak didengar

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x