Pemerintah Membuka Beasiswa LPDP, Catat Tanggal Pentingnya!

- 6 Februari 2023, 18:15 WIB
ilustrasi kelulusan
ilustrasi kelulusan /

EDITORNEWS.ID – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), telah membuka pendaftaran beasiswa pada tahun 2023. Beasiswa LPDP hanya diperuntukkan pada studi magister (S2), doktor (S3), doker spesialis, dan subspesialis yang ingin melanjutkan pendidikan dalam negeri maupun luar negeri.

LPDP sendiri adalah badan pengelola dana pemerintah untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangangan (Kemenkeu). Berdasarkan situs resmi LPDP pada tahun ini akan dibuka pendaftaran beasiswa dengan dua tahap. 

Tahap 1 telah dibuka dari 25 Januari sampai 25 Februari 2023, sedangkan tahap 2 baru akan dibuka pada 9 Juni 2023 sampai 9 Juli 2023. Beasiswa yang akan ditawarkan LPDP, yaitu beasiswa afirmasi, targeted, dan umum.

Untuk Alur seleksi beasiswa LPDP tahun ini tetap sama seperti tahun sebelumnya, yaitu terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi. Para calon yang ingin mendaftar bisa mengunjungi situs resminya, yaitu lpdp.kemenkeu.go,id untuk mengetahui seluruh ketentuan yang diajukan.

Program beasiswa ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. Setidaknya dapat mengelola dan memimpin Indonesia menjadi lebih baik. Hal tersebut diungkapkan oleh Dwi Larso dalam acara sosialisasi Beasiswa LPDP 2023 pada Senin, 30 Januari 2023.

“Mereka semua akan memimpin bangsa kita pada masanya. Harapan kita, Indonesia sudah menjadi salah satu negara maju di dunia,” ujarnya dalam acara sosialisasi sekaligus bertepatan dengan ulang tahun LPDP yang ke-11.

Program beasiswa ini ditegaskan bahwa seluruh proses seleksi beasiswa LPDP dilakukan dengan cara professional dan tanpa biaya. Dengan mengedepankan prinsip good governance, transparan, akuntabel, anti-diskriminasi, dan anti-KKN.

Berikut tanggal penting beasiswa LPDP 2023, dari tahap 1 sampai tahap 2.

Pendaftaran Beasiswa Tahap 1

  • Pendaftaran beasiswa (25 Januari – 25 Februari 2023)
  • Seleksi Administrasi (27 Februari 2023)
  • Pengumuman Seleksi Administrasi (14 Maret 2023)
  • Seleksi Bakat Skolastik (27 Maret 2023)
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik (5 April 2023)
  • Seleksi Substansi (10 April – 31 Mei 2023)
  • Pengumuman Hasil Seleksi Substandi/Final (8 Juni 2023)

Pendaftaran Beasiswa Tahap 2

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x