Ratusan Remaja Hamil Duluan, Pendidikan Kesehatan Reproduksi Mendesak Diajarkan sejak Dini

- 20 Januari 2023, 15:35 WIB
ilustrasi sex education pada anak
ilustrasi sex education pada anak /Mary Pahlke/

EDITORNEWS.ID – Pada awal Januari 2023, sebuah fenomena mengejutkan terungkap. Ratusan remaja yang masih duduk di bangku SMP dan SMA di Blitar dan Ponorogo hamil di luar nikah.

Karena kondisi itu, para remaja tersebut meminta dispensasi pernikahan di bawah umur ke pengadilan agama (PA). Sebanyak 489 remaja di Blitar mengajukan dispensasi pernikahan di bawah umur sepanjang 2022. Sementara itu, di Ponorogo sebanyak 266 remaja mengajukan dispensasi yang sama ke Pengadilan Agama.

Fenomena ini jelas menandakan banyaknya remaja Indonesia yang belum paham tentang seks. Ini sekaligus menegaskan bahwa sebagian masyarakat masih menganggap seks sebagai hal yang tabu untuk diajarkan sejak dini.

Ini jelas berdampak besar bagi lingkungan bermasyarakat. Pasalnya banyak anak pra remaja dan remaja sama sekali tidak paham tentang pentingnya kesehatan organ reproduksi mereka.

Baca Juga: Dinasti Han, Zaman Keemasan Dataran Tiongkok

Padahal, menurut Pemerhati Anak Retno Listyarti, remaja itu sangat memerlukan pemahaman tentang dampak hubungan seksual dan kesehatan reproduksi. Terlebih, kasus hamil di luar nikah di kalangan remaja semakin banyak dijumpai di masyarakat.

"Jadi, yang namanya pendidikan seks dan pendidikan kesehatan reproduksi itu sangat penting, terutama untuk remaja berusia 13-17 tahun yang mulai menyukai lawan jenis," kata Retno.

Dengan memberikan pendidikan seks dan pendidikan kesehatan reproduksi, diharapkan remaja bisa memahami dan akan menjaga otoritas tubuhnya demi menjaga masa depannya juga. Selain itu, mencegah remaja menjadi korban kejahatan seksual.

Retno mengatakan, di zaman modern seperti ini masih ada remaja yang tidak paham dengan kondisi kesehatan reproduksinya sendiri. Misalnya, soal siklus menstruasi dan proses terjadinya kehamilan.

Baca Juga: Momen Perang Salib, Pertempuran Berjilid Perebutan Kota Suci Yang Sangat Menarik

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x